Sukses

Wiranto: Amerika Ikut Bantu Indonesia Perangi Terorisme

Pada pertemuan G-20, semua negara yang tergabung menyatakan diri melawan terorisme, dan Amerika Serikat berada di dalamnya.

Liputan6.com, Manado - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan, Amerika Serikat akan membantu Indonesia memerangi terorisme. Hal itu disampaikan Wiranto usai pertemuan enam negara kawasan membahas ancaman terorisme di Manado, Sulawesi Utara.

"Semua negara terlibat dalam memerangi terorisme termasuk Amerika Serikat," kata Wiranto di Manado, Minggu 30 Juli 2017.

Menurut dia, pada pertemuan G-20 belum lama ini, semua negara yang tergabung menyatakan diri melawan terorisme, dan Amerika Serikat berada di dalamnya.

"Kita yakin semua negara akan bekerja sama melawan terorisme khususnya di kawasan Asia Tenggara," kata Wiranto seperti dikutip Antara.

Menkopolhukam mengatakan, Presiden Jokowi dalam pertemuan G-20 mendengarkan langsung bahwa Amerika Serikat telah berkomitmen dalam penanggulangan terorisme.

Salah satu bentuk kerja sama melalui pertukaran informasi intelijen, penghentian aliran dana, pemberdayaan masyarakat moderat, dan penyebaran kontra narasi.

Pertemuan pertama Sub-Regional Meeting on Foreign Terrorist Fighters and Cross Border Terrorism (SRM FTF CBT) di Kota Manado, Sulawesi Utara diikuti enam negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Australia dan Selandia Baru.

Pertemuan kedua enam negara tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.