Sukses

Gunung Ciremai, Berpanorama Indah dan Surga Aneka Jenis Sayuran

Tak hanya sedap dipandang mata, lereng Gunung Ciremai juga merupakan surga bagi berbagai jenis sayuran.

Fokus, Kuningan - Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat tidak hanya memiliki panorama indah di puncaknya. Namun, lerengnya yang curam, juga memberikan manfaat bagi warga setempat. Selain sebagai lahan pertanian, lereng gunung ini menjadi salah satu tujuan wisata.

Seperti ditayangkan Horison dalam Fokus Pagi Indosiar, Senin (17/7/2017), di lahan Gunung Ciremai, sayuran sawi ditanam dengan cara tumpang sari pada bawang daun. Para petani kemudian dapat memanen sawi setelah 70 hari ditanam.

Sementara itu, bawang daun akan dipanen setelah tanaman ini berusia 90 hari. Dengan sistem penanaman seperti itu, petani dapat memanen ladangnya dengan waktu yang berbeda-beda, serta hasil panen yang berlainan.

Bentuk lahan pertanian yang mengikuti kontur Gunung Ciremai, menjadi indah dipandang mata. Kombinasi warna langit yang berpadu dengan sinar matahari serta bayangan bukit, membuat banyak orang datang ke tempat ini untuk menikmati keindahan panoramanya.

Kesuburan dan keindahan alam di kaki Gunung Ceremai, menjadikan kawasan berhawa sejuk ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan. Sayangnya, belum banyak sarana transportasi yang menuju ke lokasi tersebut.