Sukses

Arus Balik Pemudik Via Tol Gringsing - Batang Hari Ini Normal

Liputan6.com, Batang - Arus balik dari arah Timur (Semarang) ke Barat (Jakarta) via jalur Pantura Barat Gringsing - Batang lancar alias berangsur normal. Kepala Tim Urai Ops Ramadniya 2017 Polda Jawa Tengah AKBP Indra Kurniawan Mangunsong mengatakan, meskipun truk berat atau besar sudah diperbolehkan lewat, arus lalu lintas saat ini sudah normal.

"Ya, masih ada satu-dua pengguna jalan yang kembali. Akan tetapi, hal ini tidak terjadi penumpukan yang terlalu signifikan di Gringsing sendiri," ucap dia, Senin (3/7/2017).

Kendati arus balik mulai berangsur normal, Indra menambahkan, petugas pengamanan tetap memonitor pergerakan arus lalu lintas.

"Jadi kita tetap monitor dari Semarang kemudian Kendal sampai di sini kita tetap monitor. Selama kami memonitor dari 3 tempat tersebut tidak ada terjadi penumpukan ini masih kendaraan-kendaraan biasa aktivitas masyarakat di sini yang dominan," kata dia.

Hingga Senin siang, Indra menjelaskan, sudah terjadi penurunan cukup drastis arus lalu lintas di jalur Pantura ke arah Jakarta. Dominasi kendaraan mobil pribadi, sepeda motor, bus dan truk besar terlihat di sepanjang Pantura.

Ia menjelaskan, puncak arus balik di jalur Pantura Barat Batang dan jalan tol darurat Gringsing-Brebes telah terjadi pada Jumat, 30 Juni hingga Sabtu 1 Juli 2017 kemarin.

"Memang karena kemarin kita melihat Jumat dan malam Minggu itu ramai sekali sampai kita pagi waktu itu, kemudian kalau untuk hari ini sudah sedikit sekali," ungkap Indra.

Untuk di ruas tol darurat Gringsing-Brebes, pada Minggu 2 Juli 2017 kemarin, diterapkan rekayasa lalu lintas buka tutup.

"Dalam artian kita akan menutup yang dari barat ke timur, kemudian kita akan membuka yang dari timur ke barat itu kemarin, karena di pos Gringsing ini terjadi pintu masuk Tol terjadi persimpangan," jelas dia.

Ia menambahkan, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas sehingga pemudik dapat berputar di Kurtosari. Sementara saat ini masih bisa dibuka di Kurtosari, pemudik akan berputar dan bisa langsung masuk ke tol Darurat.

"Karena intensitas kendaraan yang masuk sedikit sekali jadi kalau kita buat buka tutup malah nanti tidak efektif," ujar dia.

Setelah operasi Ramadniya selesai, ia menambahkan, pihak Polres Batang yang akan mengambil alih pengamanan di sini.

"Jadi nanti mereka akan memperkuat patroli maupun penjagaan di wilayah yang menjadi titik-titik atau kondisi simpul rawan kemacetan (pada arus balik)," Indra memungkasi.

 

 

 

 

 

 

Saksikan video di bawah ini: