Sukses

Ratusan Massa Berunjuk Rasa di DPRD NTB

Ratusan massa yang mewakili tiga suku mendatangi Kantor DPRD NTB. Mereka menolak keputusan DPP PAN yang akan mengganti anggota DPR Hatta Taliwang.

Liputan6.com, Lombok: Ratusan massa yang mengaku perwakilan tiga suku di Nusatenggara Barat, yakni Suku Sasak, Samawa, dan Mbojo berunjuk rasa di Gedung DPRD NTB, baru-baru ini. Mereka memprotes keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional yang akan mengganti M. Hatta Taliwang, anggota DPR RI antarwaktu asal daerah tersebut. Mereka juga mengancam akan menduduki Kantor Dewan Pimpinan Wilayah PAN NTB, bila DPP tetap dengan keputusannya.

Pengunjuk rasa yang tergabung dalam Aliansi Tiga Suku NTB itu juga menolak pengangkatan Antoni Amir untuk menggantikan Hatta. Alasannya, pergantian antarwaktu yang diajukan DPP tak sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 4 Tahun 1999 tentang Susunan dan Kedudukan DPR/MPR. Apalagi, Antoni tak mewakili daerah pemilihan NTB.

Menanggapi tuntutan tersebut Ketua DPRD NTB Srinata secara pribadi menyatakan, ia juga menolak pergantian antarwaktu Hatta. Soalnya, pergantian antarwaktu hanya dapat dilakukan bila anggota yang bersangkutan wafat atau pensiun. Itu pun berlaku bagi anggota yang berasal fraksi TNI/Polri.(ORS/Adhar Hakim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini