Sukses

Kapolri Optimistis Arus Mudik Lebaran 2017 Berjalan Lancar

Kapolri membeberkan, tiga dari empat flyover di Klonengan, Dermoleng, dan Kesambi progres pembangunan sudah mencapai 90 persen.

Liputan6.com, Brebes - Tak seperti pada arus mudik 2016 lalu di mana terjadi kemacetan parah di pintu Tol Brebes Exit (Brexit), Kapolri Jenderal Tito Karnavian optimistis arus mudik 2017 ini akan berjalan aman dan lancar. Demikian disampaikan Tito Karnavian saat memberikan paparan persiapan pengamanan arus mudik di pintu Tol Brexit.

"Dari hasil diskusi dan pengamatan di lapangan hari ini, kita bersyukur ada perbaikan infrastruktur seperti pembangunan tol dan empat flyover di jalur tengah. Insya Allah arus mudik tahun ini aman dan lancar," ucap Tito Karnavian di lokasi, Rabu (7/6/2017).

Ia menambahkan, jika tahun 2016 lalu kemacetan terjadi di Tol Brexit, hal itu karena terjadi penumpukan kendaraan. Selain itu, juga ada pasar tumpah parkir kendaraan SPBU baik di luar kota atau di dalam kota.

Kemudian, kata dia, pada saat arus mudik juga ada lonjakan arus kendaraan dari Jakarta menuju ke arah selatan Banyumas-Purwokerto-Purbalingga.

"Di jalur tengah ke selatan itu ada lima perlintasan KA sebidang, hal itu yang membuat macet. Tapi beruntung empat perlintasan sekarang sudah ada flyover dan siap dilalui kendaraan saat arus mudik lebaran nanti," jelas Tito.

Kapolri membeberkan, tiga dari empat flyover di Klonengan, Dermoleng, dan Kesambi progres pembangunan sudah mencapai 90 persen. Sedangkan satu flyover di Kretek progres baru 70 persen.

Kendati demikian, empat flyover seluruhnya akan digunakan saat arus mudik Lebaran nanti.

"Satu flyover di Kretek insya Allah Minggu depan selesai dengan pemasangan jembatan di besi (Bailey)," jelas Tito.

Mantan Kapolda DKI itu mengakui, ada satu titik perlintasan KA sebidang yang belum ada flyover dan dipastikan akan menjadi titik kemacetan di jalur tengah.

"Jadi tinggal satu perlintasan KA tanah sebidang di Karangsawah Brebes, satu itu yang menghambat, tapi jauh lebih baik dari pada tahun sebelumnya yang nggak ada flyover," ungkap Tito.

Dalam kunjunganya di Tol Brexit, Kapolri didampingi Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Puji Hartanto, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Hari Trisaputra Zuna, Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik, serta Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.