Sukses

Evakuasi 9 Pendaki di Gunung Marapi Terus Dilakukan

Puluhan anggota Tim SAR Gabungan, Senin dini hari melakukan koordinasi untuk mengevakuasi 9 pendaki yang terjebak di sekitar puncak Gunung M

Liputan6.com, Padang - Puluhan anggota Tim SAR Gabungan, Senin dini hari, melakukan koordinasi untuk mengevakuasi 9 pendaki yang terjebak di sekitar puncak Gunung Marapi, Padang-Panjang Sumatera Barat. Mereka tengah bersiap-siap menuju kawasan puncak gunung, lokasi para pendaki tertahan, setelah gunung ini meletus dan mengeluarkan abu vulkanik, minggu siang kemarin.

Menurut Kabag Operasional Polres Padang Panjang, Kompol Ahmad Daulay, separuh kekuatan Tim SAR Gabungan sudah bergerak menuju lokasi para pendaki terjebak di kawasan puncak. Sedang sisanya langsung melakukan pencarian terhadap satu pendaki yang terpisah dari rombongan.

Gunung Marapi yang berlokasi di tiga kabupaten di Sumatera Barat, Minggu siang, meletus sebanyak 6 kali. Letusan ini, menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Marapi, Hartanto, tidak memicu gempa tektonik, tapi mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 150 meter hingga 700 meter. Abu ini tidak menimbulkan dampak berarti, karena debunya dibawa angin ke arah timur, daerah yang tak berpenghuni.

Hingga Senin pagi, status gunung dengan ketinggian 2891 meter dari permukaan laut itu, berada pada level waspada dua.