Sukses

Jokowi Terkesan Cara Unik Pegiat Buku Tingkatkan Minat Baca Warga

Presiden Jokowi berharap masyarakat bisa menggunakan kesempatan untuk menyalurkan dan menularkan hobi baca kepada siapa pun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang 26 pegiat minat baca inspiratif dari berbagai wilayah di Indonesia. Jokowi terkesan dengan cara para pegiat meningkatkan minat baca warga terutama di daerah terpencil.

"Saya senang sekali bahwa cara-cara menyampaikan buku-buku itu ada yang lewat apa, perahu dengan bemo, ada yang dengan kuda, ada yang apalagi? Jualan jamu. Apalagi? Yang macam-macam, sangat bagus sekali karena ini memang diperlukan sekali. Tidak hanya akses pendidikan pada anak-anak kita, tetapi pada akses kepada baca buku-buku," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Jokowi memang ingin sekali mendengar kisah perjuangan para pegiat ini. Apa yang mereka lakukan tentu bermanfaat agar masyarakat lebih pintar, cerdas, dan terbuka wawasannya.

Dia ingat betul, kegiatan saat dirinya melakukan kunjungan ke daerah. Dia selalu menyempatkan diri membagikan buku. Tidak hanya buku tulis, tetapi juga buku cerita dan dongeng rakyat.

Dengan adanya pegiat minat baca ini, Jokowi berharap masyarakat bisa menggunakan kesempatan tersebut untuk menyalurkan dan menularkan hobi baca kepada siapa pun. Jokowi juga meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy untuk memberikan buku kepada para pegiat.

"Tinggal nanti sepulang ini, saya juga minta Pak Menteri untuk nanti ditambah oleh-oleh buku sebanyak-banyaknya. Dan saya kira bisa menjadi sebuah perjuangan yang harus diangkat sehingga tak hanya berapa tadi? 1.000 (anggota)? Tapi nanti bisa berlipat-lipat sehingga anak-anak kita nanti bisa punya minat membaca," Jokowi memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.