Sukses

BMKG: Gempa Klungkung Dirasakan di Seluruh Wilayah Bali

Liputan6.com, Denpasar - B‎ali diguncang gempa. Gempa yang terjadi pukul 12.25 Wita itu berkekuatan 5,2 SR. Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, ‎M Taufik Gunawan, menegaskan gempa yang berpusat di Klungkung itu tak menimbulkan tsunami.

‎"Gempa‎ dengan episenter terletak pada koordinat 9.73 LS dan 115.62 BT pada kedalaman 10 KM," kata Taufik di Denpasar, Minggu (12/2/2017).

Menurut dia, kekuatan gempa hampir dirasakan seluruh warga Bali. Di antaranya di kawasan Kuta, Nusa Dua, Tabanan dan Denpasar.

‎"Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan hampir diseluruh Pulau Bali bagian selatan. Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan kuat oleh banyak orang," ujar Taufik.

Hingga kini, Taufik mengonfirmasi belum ada kerusakan dan korban jiwa imbas dari guncangan gempa.‎ "Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa hingga saat ini. Sampai dengan saat ini juga belum terjadi gempa bumi susulan yang tercatat," tutur dia.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Khusus bagi masyarakat di pesisir, ia juga mengimbau agar tak terpancing isu tsunami.

"Gempa tak berpotensi tsunami. Masyarakat kami imbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG," pungkas Taufik.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa
  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).
    BMKG
  • Pulau Bali
  • Tsunami