Sukses

BMKG: Gempa Sukabumi Sempat Dirasakan di Bandung dan Lembang

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) mengguncang Jawa Barat bagian selatan. Gempa terasa di beberapa wilayah di Jawa Barat, termasuk Bandung dan Lembang.

Gempa terjadi pada pukul  15.34 WIB. Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan bahwa beberapa wilayah seperti Cianjur, Sukabumi, Bandung, dan Lembang mengalami guncangan pada skala intensitas II SIG-BMKG.

"Di daerah tersebut, gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak, bahkan beberapa warga berlarian keluar rumah," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (8/2/2017).

Gempa terjadi pada koordinat 7,60 LS - 106,92 BT, tepatnya di Samudra Hindia pada jarak 79 km arah barat daya Kota Sukabumi dengan kedalaman 69 km.

Gempa Jawa Barat bagian selatan ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman menengah di Zona Benioff akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia.

Hingga laporan disusun pada pukul 16.00 WIB hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi  aktivitas gempa bumi susulan.

Gempa juga tidak berdampak tsunami. Riyadi mengimbau warga di pesisir selatan Jawa Barat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.