Sukses

Kaleidoskop News September 2016: Fakta Mengejutkan Sidang Jessica

Sidang kasus kopi bersianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin terus memunculkan fakta baru.

Liputan6.com, Jakarta - Sidang kasus kopi bersianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin terus memunculkan fakta baru. Pihak terdakwa Jessica Kumala Wongso yang mendapat giliran menghadirkan ahli di persidangan ke-18 memberi banyak kejutan.

Menurut keterangan ahli Patologi Forensik dari Brisbane, Australia, yakni Profesor Dr Beng Beng Ong, kematian Mirna bukanlah karena sianida. Ia menyatakan, pemeriksaan terhadap jasad Mirna tak lengkap. Keterangan ini sontak membuat panas jalannya persidangan yang sebelumnya sudah berjalan alot.

Tak hanya itu, jaksa penuntut umum (JPU) bahkan mencecar pertanyaan pada profesor yang meringankan Jessica tersebut. Bahkan ayah Mirna, Darmawan Salihin juga beberapa kali terpantik emosi sehingga membuat gaduh persidangan.

Sementara itu, cerita pilu Jessica tentang ruang tahanannya juga tak kalah menarik perhatian. Menurutnya, di ruangan pengap 2x1,5 meter persegi itu ia ditemani kecoak, tikus, dan kalajengking.

Berikut 6 berita yang paling banyak menarik perhatian pembaca Liputan6.com selama September 2016:

1. 4 Fakta Mencengangkan di Sidang ke-18 Jessica Wongso

Jessica Kumala Wongso berjalan menuju kursi saat sidang ke-22, kasus kematian Mirna Wayan Salihin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (19/9). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Pihak terdakwa Jessica Kumala Wongso mendapat giliran untuk menghadirkan ahli di persidangan pembunuhan berencana Wayan Mirna Salihin. Beberapa "kejutan" dimunculkan kubu Jessica di persidangan ke-18.

Sidang yang berlangsung Senin 5 September 2016, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kemayoran, itu menghadirkan ahli Patologi Forensik dari Brisbane, Australia, yakni Profesor Dr Beng Beng Ong. Keterangan Beng tentu saja membuat panas medan "pertempuran intelektual" antara pihak terdakwa dengan jaksa penuntut umum.

Selengkapnya...

 

2. Jawaban Lugu Saksi Ahli Bikin Pengunjung Sidang Jessica Tertawa

Terdakwa kasus dugaan pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso (tengah) berbincang dengan tim kuasa hukumnya saat jeda pembacaan nota replik JPU pada sidang lanjutan di PN Jakarta Pusat, Senin (17/10). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Jaksa penuntut umum (JPU) menyisakan cerita unik soal sianida. Saksi ahli yang dihadirkan oleh pihak Jessica Kumala Wongso ditanyai bertubi-tubi soal sianida dan kemampuannya dalam persianidaan.

Profesor Beng Beng Ong yang merupakan ahli patologi forensik dan menulis berbagai jurnal ilmiah soal penentuan kematian seorang manusia itu malah ditanyai keabsahannya sebagai seorang ahli sianida.

"Apakah ahli memiliki sertifikat yang menunjukkan pengetahuan ahli tentang sianida?" tanya jaksa Ardito di ruang sidang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin 5 September 2016.

Selengkapnya...

 

3. Teriakan Ayah Mirna untuk Saksi Ahli

Ahli Patologi Forensik dari Australia, Beng Ong (kedua kanan) menjadi saksi ahli dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di PN Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (5/9). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Ayah Wayan Mirna Salihin, Darmawan Salihin meneriaki ahli patologi forensik asal Australia Prof Beng Beng Ong. Ia menakut-nakuti saksi dari kubu Jessica dengan ancaman penjara jika kesaksian yang ia berikan bohong.

"Seven years, go to jail," ujar Darmawan Salihin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin 5 September 2016.

Sebelumnya, Prof Beng Beng Ong menyatakan kematian Mirna bukanlah karena sianida. Ia menyatakan, pemeriksaan terhadap jasad Mirna tak lengkap.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerita Pilu Jessica

4. 4 Cerita Jessica, Tidur Bersama Kecoak hingga Ditelanjangi Polwan

Terdakwa kasus dugaan pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso bersiap mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Pusat, Senin (17/10). Sidang beragendakan pembacaan nota replik Jaksa Penuntut Umum. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ruang tahanan 2x1,5 meter persegi di Polda Metro Jaya jadi saksi bisu penderitaan Jessica Kumala Wongso. Tak sendiri, dalam ruangan pengap tanpa ventilasi itu, Jessica ditemani kecoak, tikus, dan kalajengking.

Cerita pilu itu diungkap Jessica dalam sidang ke-26 kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu 29 September 2016. Dengan suara lirih seraya menangis, ia memuntahkan kesedihannya.

Selengkapnya...

 

5. 6 Murka Ayah Mirna di Persidangan Jessica Wongso

Edi Darmawan Salihin selaku Ayah Wayan Mirna Salihin (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk ke-18 kalinya persidangan pembunuhan berencana Wayan Mirna Salihin digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kemayoran, pada Senin 5 September 2016. Giliran kubu terdakwa Jessica Wongso yang menghadirkan ahli dan saksi-saksi ke hadapan majelis hakim yang diketuai Kisworo.

Sidang tersebut rajin diikuti ayah mendiang Mirna, Darmawan Salihin. Tidak hanya dia, ibu dan kembaran Mirna, Sandy Salihin, juga kerap hadir di setiap persidangan. Persidangan yang selalu berjalan alot dan menyita perhatian terkadang memantik emosi Darmawan.

Akibatnya, ruang sidang yang seharusnya tertib mendadak gaduh dan hakim berulang kali mengetuk palu meminta peserta sidang tertib dan menghormati jalannya persidangan.

Selengkapnya...

 

6. Terungkap Penyebab 'Hilangnya' Otto Hasibuan dari Sidang Jessica

(Antara)

Persidangan ke-24 kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso, terlihat berbeda dari sidang-sidang sebelumnya. Persidangan terasa hambar dan berlangsung cepat tanpa kehadiran koordinator pengacara, Otto Hasibuan.

Bahkan persidangan terkesan menjadi ajang guyonan saat pengacara lain, Yudi Wibowo Sukinto, menggantikan posisi Otto. Lantas, ke mana Otto?

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini