Sukses

Listrik Sekolah Nunggak, Sudin Pendidikan Jaktim Akan Disanksi

Sebanyak delapan sekolah yang diputus aliran listriknya merupakan tanggung jawab Sudin Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono akan menjatuhkan sanksi kepada Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Jakarta Timur terkait masalah tunggakan dan pemutusan aliran listrik di sejumlah sekolah.

"Untuk sanksinya, kami akan buat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terlebih dahulu guna mengetahui tingkat kesalahan sanksi yang tepat," kata Sumarsono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2016).

Menurut dia, sebanyak delapan sekolah yang diputus aliran listriknya merupakan tanggung jawab Sudin Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Timur.

Lebih lanjut, dia menuturkan ada dua kemungkinan penyebab terjadinya masalah tersebut. Pertama, anggarannya memang tidak dimasukkan ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2016. Kedua, anggarannya sudah dimasukkan, namun tidak terekam dengan baik.

"Yang pasti, akan ada sanksi untuk Sudin Pendidikan itu, karena mereka yang melakukan input anggaran. Jadi, kemungkinan memang ada kelalaian. Sekarang kami buat BAP dulu," tutur Sumarsono seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Susi Nurhati mengungkapkan pembayaran tunggakan akan dilakukan pada 24 November 2016. Tunggakan itu sudah ada selama hampir satu tahun.

"Surat Pencairan Dana (SPD) sudah ada, dan sekarang masih dalam proses pencairan anggaran. Rencananya, kami akan lakukan pembayaran pada 24 November 2016," ungkap Susi.

Sebanyak 26 sekolah yang ada di Ibu Kota menunggak pembayaran listrik dengan jumlah tunggakan sekitar Rp 3 miliar. Bahkan, aliran listrik di delapan sekolah sempat diputus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.