Sukses

Gempa Gunungkidul Yogyakarta, Warga Panik ke Luar Rumah

Dengan intensitas tersebut, Sutopo memperkirakan gempa tidak merusak bangunan dan menimbulkan korban jiwa serta tsunami.

Liputan6.com, Jakarta Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter mengguncang wilayah Gunungkidul, Yogyakarta, pagi ini pada pukul 09.19 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, gempa yang berada di 10 km bawah permukaan laut ini sempat membuat warga panik.

"Masyarakat sempat ada yang panik dan ke luar rumah dan bangunan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Nugroho dalam keterangan tertulis, Jumat (18/11/2016).

Sutopo menjelaskan, gempa tersebut berpusat di 8.87 Lintang Selatan dan 110.57 Bujur Timur, atau berjarak 93 km barat daya Gunungkidul.

Menurut Sutopo, gempa dirasakan sedang selama empat detik di Bantul, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, Sleman, Gunung Kidul, Wonogiri, Trenggalek, Ponorogo, hingga Pacitan.

"Intensitas gempa dari peta guncangan dirasakan hanya III MMI atau II SIG. Artinya ringan dirasakan," kata dia.

Dengan intensitas tersebut, Sutopo memperkirakan gempa tidak merusak bangunan dan menimbulkan korban jiwa.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan. Tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diimbau untuk tenang," pungkas Sutopo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.