Sukses

Jokowi Bertemu MUI, PBNU dan Muhammadiyah, Bahas Demo 4 November?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengundang Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengurus Pusat Muhammadiyah di Istana Merdeka hari ini.

Rencananya, pertemuan itu akan berlangsung pada pukul 10.30 WIB. Berdasarkan undangan yang beredar, tidak ada keterangan khusus soal apa yang akan dibahas dengan Jokowi dan para pemimpin ormas Islam itu.

"Tidak tahu membahas apa, tapi di undangan kan hanya silaturahmi saja," ujar Kepala Biro Pers Istana, Bey Machmudin kepada Liputan6.com, Selasa (1/11/2016).

Namun, pada saat bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Jokowi mengaku akan merangkul seluruh pihak di Tanah Air untuk menciptakan perdamaian.

"Tokoh-tokoh agama ikut mendinginkan suasana memberikan kesejukan. Tokoh politik memberikan suasana kesejukan," ujar Jokowi.

Hal ini dia katakan ketika bersiap menghadapi demonstrasi yang akan dilakukan ratusan ribu umat Islam pada Jumat 4 November nanti. Pemicunya adalah perkataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terkait surat Al Maidah 51 yang dianggap telah melukai umat Islam.

Sementara kepada Prabowo, Jokowi berkonsultasi tentang keamanan.

"Saya concern dengan beberapa masalah keamanan. Beliau kan sebagai panglima tertinggi, jadi saya wajib menyampaikan pandangan-pandangan saya dan alhamdulillah beliau sangat terbuka," ujar Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November adalah aksi unjuk rasa yang dikoordinasi oleh sejumlah organisasi massa Islam di Jakarta.
    Demo 4 November
  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di
    MUI
  • Muhammadiyah
  • nu