Sukses

Menteri Lukman: Pelayanan Arafah dan Mina Harus Ditingkatkan

menteri Lukman meminta pihak Arab Saudi lebih memperhatikan fasilitas umum di Mina dan Arafah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menyatakan pelaksanaan haji tahun 2016 ini berjalan dengan baik. Namun ada beberapa hal yang harus dibenahi,, khususnya di lokasi-lokasi pernting seperti di Arafah dan Mina.

"Ke depan yang harus meningkatkan pelayanan di Arafah dan Mina," ujar Menteri Lukman di Mekah, Rabu (14/9/2016).

Peningkatan itu dilakukan karena dua tempat tersebut merupakan bagian terbesar dari rangkaian ibadah haji. Salah satunya yaitu wukuf di Arafah, yang merupakan bagian dari syarat sah atau tidaknya haji seseorang.

"Bagaimanapun puncak haji adalah Arafah dan itu perlu ditingkatkan dengan memberikan kenyamanan yang lebih baik kepada jemaah kita. Misalnya, penyejuk udara lebih diperbaiki, tenda lebih diperbaiki sehingga kenyamanan jamaah dalam beribadah bisa ditingkatkan," ujar dia.

Begitu juga di Mina, di tempat ini, tenda-tenda bagi para jemaah Indonesia berdiri di setiap maktab yang diisi oleh ribuan jemaah. Sayangnya, lokasi tersebut tak diimbangi dengan jumlah toilet yang ada.

"Masalah Mina selalu adalah keterbatasan toilet atau kamar mandi. Pemerintah Indonesia terus mengkomunikasikan hal ini kepada Pemerintah Arab Saudi agar Mina, khususnya kamar mandinya bisa ditambah," jelas dia.

"Kita berharap di Mina juga dalam waktu yang tidak lama bisa diwujudkan," harap Menteri Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini