Sukses

Transjakarta Uji Coba Sistem Tap In dan Tap Out Besok

Prasetia memastikan tidak ada perubahan tarif untuk seluruh perjalanan. Tarif Transjakarta tetap berlaku flat yaitu Rp 3.500.

Liputan6.com, Jakarta - PT Transjakarta akan uji coba sistem tap in dan tap out mulai Rabu 17 Agustus besok atau bertepatan dengan HUT ke-71 RI.

Humas PT Transjakarta Prasetia Budi menyatakan, uji coba perdana akan dilakukan di koridor 1 jurusan Blok M-Kota. "Kita masih terapin di koridor 1 Blok M-Kota dulu," ujar Prasetia, Selasa (16/8/2016), di Jakarta.

Seperti sistem pembayaran KRL Jabodetabek, ke depannya sistem Transjakarta mewajibkan penumpang tap out sebelum keluar halte. "Jika biasanya penumpang hanya tap in untuk masuk halte sekarang pas keluar juga harus tap out," kata dia.

Sedangkan untuk saldo uang elektronik (e-money), masih sama dengan sistem lama. Akan dipotong pada saat tap in ke halte. Pada saat tap out tidak ada lagi pemotongan saldo.

"Yang berubah cuma kalau sebelumnya masuk tap in, kalau keluar langsung aja. Sekarang harus tap out dulu," ucap Prasetia.

Meski ada perubahan sistem, Prasetia memastikan tidak ada perubahan tarif untuk seluruh perjalanan. Tarif Transjakarta tetap berlaku flat untuk seluruh perjalanan yakni Rp 3.500.

Prasetia menambahkan, nantinya sistem ini akan segera diterapkan di seluruh koridor Transjakarta dengan tujuan memperoleh rincian database perjalanan pelanggan bus Transjakarta.

Pengaturan pola operasional bus ini juga dibuat untuk mengurangi tumpukan penumpang akibat kurangnya jumlah armada bus. (Winda Prisilia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.