Sukses

Antrean Arus Balik Tasikmalaya ke Garut Capai 10 Kilometer

Polda Jabar menerapkan sistem buka tutup one way atau satu jalur, selain pengalihan arus balik.

Liputan6.com, Bandung - Antrean arus balik hari kedua Lebaran 2016 di kawasan Gentong, Tasikmalaya, menuju Malangbong, Garut, Jawa Barat, mencapai 10 kilometer.

Namun polisi telah mengurangi antrean kendaraan sepanjang tiga sampai empat kilometer hingga siang ini.

Kemacetan tersebut diduga lantaran banyaknya bus yang berjalan melambat saat melintas di tanjakan Gentong, Tasikmalaya menuju Malangbong Garut, Jawa Barat.  

Juru bicara Polda Jawa Barat, Kombes Yusri Yunus, mengatakan kepolisian melakukan sistem satu arah untuk melancarkan arus balik.

"Jadi CB (cara bertindak) yang kita lakukan adalah melakukan koordinasi dengan Polres Ciamis, untuk mengalihkan kendaraan ke Singaparna. Itu cara bertindak sekarang," ujar dia, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/7/2016).

Kedua, selain pengalihan polisi juga menerapkan sistem buka tutup one way atau satu jalur. Pihaknya mengerahkan tim yang berjumlah 10 polisi.

"Sekarang ini tim pengurai kemacetan kita segera luncurkan ke sana, untuk mengurai kemacetan dan akan dipinggirkan pelan-pelan," jelas Yusri.

Sementara arus kendaraan dari Nagreg, menuju Tasikmalaya dan Garut, akan diberlakukan sistem buka tutup serupa. Cara ini untuk mengantisipasi antrean kendaraan atau kemacetan parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini