Sukses

Saran Ketua DPR agar Arus Balik Lebaran Lancar

Menurut Ketua DPR Ade Komarudin, ini sebagai bentuk evaluasi pada arus mudik Lebaran 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Ade Komarudin alias Akom menyarankan agar saat arus balik masyarakat menggunakan jalur-jalur alternatif. Ini sebagai bentuk evaluasi pada arus mudik Lebaran 2016 atau Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Kalau melihat itu (pantauan arus mudik yang macet) lebih bagus pergunakan jalan-jalan alternatif (ketika arus balik). Tidak hanya jalan tol yang dinikmati," ucap Akom di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/7/2016), usai memantau langsung situasi arus mudik menggunakan helikopter di sepanjang jalur Pantura-Tol Cikopo-Tol Brebes Timur.

Ia mengakui Tol Pejagan dan Tol Brebes Timur baru saja mulai beroperasi tahun ini. Namun ternyata, menurut politikus Partai Golkar ini, masyarakat justru terpaku menggunakan tol tersebut.

"Karena semua orang berbondong-bondong ke sana dan akhirnya tumpuk di situ semua," ujar Akom.

Akom pun menyarankan beberapa jalur alternatif bagi pemudik yang bisa dilalui ketika arus balik nanti.

"Kan bisa lewat Jomin, Kopo, jalur selatan. Kami sarankan seperti itu. Dulu kan begitu, tetapi bottleneck (penumpukan jalur) di Cikopo, sekarang di Cikopo enggak ada masalah, jadinya pindah ke Brebes Timur," Ketua DPR menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.