Sukses

Kesan Tak Terlupakan Jokowi Terhadap Taufiq Kiemas

Jokowi juga teringat sosok Taufiq yang selalu menyuarakan 4 Pilar Kebangsaan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menghadiri acara Haul atau peringatan 3 tahun wafatnya Taufik Kiemas yang digelar di kediamanan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta.

Saat menyampaikan sambutan dalam acara tersebut, Jokowi mengaku sangat terkesan dengan sosok Taufiq Kiemas. Mantan Ketua MPR itu di mata Jokowi merupakan tokoh yang mampu menjembatani pihak-pihak yang berkonflik.

"Kita kembali mengingat sosok beliau yang selalu ikhlas dengan segala risiko. Bisa kita lihat banyak sekali konflik individu dan beliau selalu menjadi jembatan kembalinya antar individu, antar lembaga yang telah berkonflik," kata Jokowi, Rabu (8/6/2016).

Selain itu, Jokowi juga teringat sosok Taufiq yang selalu menyuarakan 4 Pilar Kebangsaan, termasuk di dalamnya terkait ideologi Pancasila. "Pancasila sebagai dasar negara, sebagai kegiatan sehari hari beliau selalu ingatkan itu," tegas dia.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meminta agar para peserta Haul turut mendoakan almarhum Taufiq Kiemas agar mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.  

"Pada kesempatan bahagia ini saya ajak bapak ibu dengan ikhlas doakan Bapak Taufiq Kiemas semoga diberikan tempat terbaik di sisi-Nya," tandas Jokowi.‎

Dalam Haul ini hadir menteri-menteri Kabinet Kerja, antara lain adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.‎

Hadir pula Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan, mantan Wakil Presiden Boediono, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.