Sukses

Ruhut: Hanya Tuhan dan Jokowi yang Tahu Siapa Calon Kapolri

Anggota Komisi III kompak enggan menjagokan seseorang untuk dipilih Jokowi sebagai calon kapolri.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR hingga saat ini belum menerima nama-nama calon kapolri dari Presiden Jokowi. Padahal Jenderal Badrodin Haiti akan pensiun sebagai kapolri akhir Juni 2016.

Anggota ‎Komisi III DPR Ruhut Sitompul mengatakan, pihaknya belum tahu siapa calon pengganti Badrodin Haiti yang bakal jadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara tersebut.

"Hanya Tuhan dan Bapak Presiden Jokowi yang tahu nama calon kapolri," kata Ruhut Sitompul di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Politikus Partai Demokrat itu berujar, dirinya merasa segan jika harus menyebut siapa nama-nama internal Polri yang pantas untuk mengisi posisi tertinggi di Kepolisian.

"Karena ini kan hak preogratif Presiden, kita hormati saja. Tidak enak aku kalau misal bilang siapa nama-nama calon yang pantas jadi kapolri itu, apa lagi aku orang dekatnya Bapak Presiden Jokowi," ujar Ruhut.

Senada, Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa mengatakan, pihaknya tidak dalam kapasitas mendukung siapa yang pantas jadi kapolri.

"Kita tidak punya jagoan calon, tunggu saja Presiden siapa maunya. Sudah lah kita tunggu nama saja dari Presiden yang menunjuk," ucap Desmond.

Dalam kesempatan yang sama, ‎Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo juga mengatakan belum menerima nama calon kapolri. "Kita belum terima nama dari Presiden, sifatnya kita hanya menunggu bukan mendukung," kata Bambang Soesatyo.

Sementara, dua anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Junimart Girsang dan Marsiaman Saragih ‎enggan mengomentari calon kapolri pengganti Badrodin Haiti.

"Kalau calon kapolri no comment lah, itu Pak Jokowi lah," ucap keduanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini