Sukses

Sosok Calon Kapolri Tergantung Presiden Jokowi

Anggota Komisi III Abdul Kadir Karding enggan berandai-andai siapa sosok calon Kapolri pengganti Badrodin Haiti.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam waktu dekat Jenderal Badrodin Haiti akan memasuki masa pensiun, tepatnya Juli 2016. Siapa yang akan menjadi Kapolri berikutnya pun belum diketahui.

Anggota Komisi III DPR Abdul Kadir Karding menilai sosok yang menjadi Kapolri baru tergantung Presiden Jokowi.

"Sulit berandai-andai karena politik itu dinamis. Tapi, siapa pun yang diajukan Presiden kami di DPR akan melakukan fit and proper test," kata Karding, di Jakarta, Sabtu (28/5/2016). ‎

Terdapat sejumlah nama perwira tinggi Polri yang berpeluang jadi Kapolri. Mereka yang memiliki 3 bintang atau komisaris jenderal polisi adalah Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan, Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso, Irwasum Polri Komjen Pol Dwi Priyatno, dan Kepala Lemdikpol Komjen Pol Syafruddin.

 

Sedangkan di level bintang dua ada nama Kepala BNPT Irjen Tito Karnavian, serta Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto.

Sebelum Badrodin menjadi Kapolri, nama yang telah lulus fit and proper test di DPR adalah Budi Gunawan. Terkait hal itu, Karding menilai sosok tersebut juga punya kualitas dan mumpuni.‎

"Budi Gunawan punya kualitas kepemimpinan yang baik," ujar Sekjen PKB itu.

"Kita lihat saja. Kita tidak bisa men-judge karena memang riskan. Tapi semua bintang tiga relatif memiliki kapasitas yang memadai untuk memimpin Polri," imbuh Karding.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini