Sukses

Megawati: Negara Kaya Raya, Kenapa Kita Mau Barang dari Luar?

Megawati menjelaskan meski Indonesia termasuk daerah tropis, tapi juga memiliki gunung es di Irian Jaya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan Indonesia tidak perlu tertunduk malu di hadapan asing. Bahkan, menunjukkan kesombongan pun tidak masalah.

"Negara kita kaya raya, apapun ada. Ketemu orang asing, jangan tanya apa yang kita punya. Tapi katakan apa yang kita tidak punya. Ada nuansa sombong, tapi memang karena kita punya," kata Megawati dalam wawancara khusus dengan Liputan6.com dan SCTV, di rumahnya, Kamis (26/5/2016).

Megawati menjelaskan meski Indonesia termasuk daerah tropis, tapi juga memiliki gunung es di papua. Tanaman 4 musim pun sekarang bisa tumbuh dengan bantuan teknologi.

 

"Tambang jadi rebutan orang asing. Lalu ikan, segala jenis ikan, karena lautan kita pertemuan aliran panas dan dingin. Selain ikan lokal, ada ikan migran, seperti tuna," tutur Presiden RI ke 5 itu.

"Saya jadi bertanya, kenapa ya kita mau barang dari luar terus," tambah dia.

Megawati melanjutkan, dengan kekayaan alam yang ada, Indonesia bisa keluar dari ketergantungan impor. "Cuma kemauan saja, masih terlalu minim. Perlu dipacu untuk berdikari. Boleh mengetahui budaya asing, tapi jangan lupakan budaya sendiri," ujar Megawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

Video Terkini