Sukses

Dianggap Lecehkan HMI, Pimpinan KPK Minta Maaf

Saut mengatakan apa yang disampaikan bukan bermaksud untuk menyinggung atau melecehkan HMI.

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang, di televisi swasta menyinggung Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI). Dalam pernyataannya saat itu, Saut mengaitkan metode pelatihan dasar di HMI dengan alumninya yang banyak tersandung kasus korupsi.

Saut pun menyampaikan permohonan maaf atas pernyataan yang dilontarkannya pada Kamis 5 Mei 2016 itu. "Saya selaku pribadi, tidak bermaksud menyinggung HMI. Saya mohon maaf atas pernyataan saya tersebut," ucap Saut di Gedung KPK, Jakarta, Senin (9/5/2016).

Dia meyakinkan, bahwa apa yang disampaikan bukan bermaksud untuk menyinggung HMI. Mantan petinggi di Badan Intelejen Negara (BIN) ini pun mengajak organisasi yang didirikan pada 5 Februari 1947 itu untuk bermitra kepada KPK.

"Kami percaya HMI, salah satu penggerak aktivis mahasiswa, bisa menjadi mitra KPK," ungkap Saut.

Meski sudah menyampaikan kata maaf, dia menegaskan, akan segera menemui Pengurus Besar (PB) HMI yang berkantor dikawasan Manggarai, Jakarta Selatan. 

"Kami akan bertemu dengan pimpinan HMI untuk menjalin hubungan yang baik. Saya dari hari Sabtu memang mau minta maaf, dari hati ke hati. Tapi karena banyak pengurus belum di Jakarta, jadi kami lebih awal menyampaikannya," pungkas Saut.

Di salah satu TV swasta, Saut mengatakan, "Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau di HMI minimal LK I, tetapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat."

Di salah satu TV swasta, Saut mengatakan, "Mereka orang-orang cerdas ketika mahasiswa, kalau di HMI minimal LK I, tetapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat."

Pernyataan Saut tersebut kemudian menuai reaksi keras dari pihak HMI.

"Pernyataan Saut Sitomorang ini tidak seharusnya dilontarkan oleh pejabat negara seperti itu. Karena pernyataan itu, seolah menegaskan bahkan LK-1 HMI untuk mencetak kader koruptor," ujar Ketua Bidang Pembinaan Aparatur Organisasi (Kabid PAO) PB HMI Hary Azwar, Sabtu 7 Mei 2016 malam.

Ia mengaku pihaknya akan segera melaporkan pimpinan KPK ke Mabes Polri. "Keputusan melaporkan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang itu, sesuai hasil keputusan rapat internal PB HMI," kata Azwar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini