Sukses

Petugas Sisir Titik Macet di 6 Rute Baru Transjakarta

Uji coba rute baru akan untuk sementara hanya diisi beberapa jenis Bus single

Liputan6.com, Jakarta - PT Transjakarta mulai mengoperasikan 6 rute baru perjalanan yang sudah dapat dinikmati masyarakat pada Senin (25/4/2016). Enam rute tersebut yaitu Bekasi MM - Bundaran HI,  Bekasi MM - Tanjung Priok,  Bekasi Timur - Grogol, Lebak Bulus - Kota, TU Gas JIEP - Lebak Bulus dan Manggarai - Universitas Indonesia.

Petugas pengendali jalur untuk rute Tu Gas JIEP - Lebak bulus Rohimin mengatakan, uji coba rute baru akan untuk sementara hanya diisi beberapa jenis bus single. Kendati demikian, untuk ke depannya  kemungkinan jumlah bus akan ditambah bila peminat rute tersebut mengalami peningkatan.

"Seperti pada rute ke Lebak Bulus, hari ini ada 5 bus. Nanti kita liat perkembangan. Bisa saja kita kasih 20 (bus) nanti," tutur Rohimin di Halte Transjakarta Tugas, Jakarta Timur, Senin (25/4/2016).

Saat ini menurut Rohimin, pihaknya masih berupaya memahami dan mendalami rute baru itu. "Kami masih bingung. Masih melihat situasinya bagaimana. Titik macetnya di mana. Nanti akan ada evaluasi. Dari pimpinan infonya jelas, tapi kan praktik dulu ini," imbuh dia.

Selain melayani rute menuju Lebak Bulus, Rohimin menuturkan ada 2 rute lainnya dari halte pemberhentian terakhir Tu Gas JIEP, yaitu menuju Grogol dan Blok M. Dua rute tersebut juga telah beroperasi mulai pagi ini.  

"Rencana operasi kita hari ini itu yang reguler 20 bus. Tugas-Lebak Bulus 5 bus. Ke Blok M 12 bus. Tugas - Grogol 15 bus. Dan yang dari Manggarai - UI 5 bus. Itu rencana operasi koridor 4," terang dia.

Rohimin juga menyatakan, apabila nantinya terjadi penumpukan di sejumlah rute baru itu, maka bus reguler akan langsung dialihkan ke lokasi rute baru tersebut.

Adapun pembayaranya, masih tetap sama yakni Rp 3.500. Pengoperasian bus dengan rute baru itu juga disesuaikan dengan bus reguler lainnya yakni hingga pukul 23.00 WIB.

"Operasi sesuai jam kerja Transjakarta reguler. Waktu sampainya (tiap antar bus) masih belum tau juga. Yang reguler kan bisa 10 menit," jelas Rohimin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.