Sukses

Rute Baru Transjakarta Manggarai-UI Masih Sepi Peminat

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan rute baru Transjakarta Manggarai-UI sepi peminat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Transjakarta mulai mengoperasikan 6 rute baru perjalanan. Salah satu rute baru tersebut adalah Manggarai-Universitas Indonesia.

"Iya, kalau dari sini (Manggarai) rute barunya sampai ke UI (Universitas Indonesia), udah dari jam 06.00 tadi," ungkap Bidang Pengendalian Bus Halte Transjakarta Manggarai Jeffry kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (25/4/2016).

Meski ada rute baru, lanjut dia, bus masih sepi penumpang. Dia menduga belum banyak warga yang tahu tentang rute tersebut.

"Masih sepi. Tadi bus pertama baru 2 orang yang naik, terus bus kedua ada lah 3 orang. Jadi dari 2 bus yang udah lewat, baru 5 orang yang tadi naikin," ujar Jeffry.

Tak hanya itu, jumlah armadanya pun masih terbatas. "Baru ada 2 bus yang lewat, itu dari sini (Manggarai) ke UI. Tapi dari arah sana (UI) belum, kan baru pada jalan soalnya dari sini," lanjut dia.

Tarif rute baru ini sama seperti rute Transjakarta lainnya, yaitu Rp 3.500. Namun di sini, masih bisa dibayar tunai atau cash karena. Sebab, busnya berhenti tidak di halte Transjakarta biasa tetapi di halte-halte kecil.

"Bayarnya sama Rp 3.500 tapi bisa cash bayar langsung pas naik atau ditap dalam busnya. Busnya berhenti di halte-halte reguler (halte kecil), enggak bisa naik sembarangan gitu aja," ucap Jeffry.

Tak hanya itu, ada juga rute baru dari Halte TU Gas sampai Lebak Bulus, lalu Bekasi MM sampai Tanjung Priok, Bekasi MM sampai Bundaran HI, dan Manggarai sampai Universitas Indonesia.

"Untuk setiap rute baru ini, masing-masing rute 5 bus, jadi ada kurang lebih 25 bus baru yang beroperasi pada setiap rute barunya," paparnya.

Sedangkan untuk jam beroperasi rute baru Manggarai-UI ini, lanjut Jeffry, sama saja seperti yang lain dari pukul 05.00 WIB dan mungkin sampai pukul 22.00 karena melihat minat masyarakat terlebih dahulu.

"Ini kurang tahu nih bakalan rame apa enggak, soalnya kan jalur regulernya tau sendiri (ke UI), padet," terang Jeffry.

Sosialisasi Kurang

Sementara itu, sepinya peminat Transjakarta rute baru Manggarai-UI ini juga diduga karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.

"Sosialisasinya kurang, dikasih tau (rute baru) cuma lewat plang (spanduk) dan di busway (Tranjakarta)nya paling ditulisin rutenya kemana," ucap Jeffry.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, calon penumpang Transjakarta memang padat, tetapi kebanyakan akan menuju ke Blok M.

"Oh ada rute baru ya? Saya mau ke Blok M, ini aja baru tahu (rute Manggarai-UI)," ucap seorang pengguna Transjakarta Dewi.

Tak hanya Dewi, ada juga yang belum tahu soal rute baru ini. "Iya nih saya baru tahu kalau ada rute-rute baru, termasuk yang dari sini (Manggarai) ke UI,'' ucap Roni.

Namun, meski ada cukup banyak yang belum tahu, ada juga masyarakat yang sudah tahu.

"Ada rute baru nih dari sini (Manggarai) sampai ke UI, ya bagus sih biar mempermudah warganya," papar Arie.

Mulai hari ini, PT Transjakarta kembali mengeluarkan rute barunya. Rute tersebut adalah Bekasi MM-Bundaran HI, Bekasi MM-Tanjung Priok, Bekasi Timur-Grogol, Lebak Bulus-Kota, TU Gas-Lebak Bulus, Manggarai-Universitas Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.