Sukses

Gempa 5,5 SR Guncang Bengkulu, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Gempa dipicu pergeseran segmen Ketahun pada Sesar atau patahan Sumatera dan termasuk dalam kategori gempa menengah.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa vulkanik atau gempa darat berkekuatan 5,5 Skala Richter mengguncang Bengkulu pada Selasa (29/3/2016) pukul 13.24 WIB.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Kepahiang Bengkulu, Litman mengatakan, gempa darat berada pada kedalaman 182 kilometer pada posisi 2,95 Lintang Selatan dan 102,16 Bujur Timur. 

"Titik gempa berada di 22 kilometer Barat Laut Kabupaten Lebong Bengkulu," ujar Litman saat dihubungi Liputan6.com di Bengkulu, Selasa (29/3/2016).

Gempa darat ini dipicu pergeseran segmen Ketahun pada Sesar atau patahan Sumatera dan termasuk dalam kategori gempa menengah.

Terpisah, Kepala Seksi Publikasi Humas Pemerintah Kabupaten Kepahiang Oktriana Putra mengatakan, sempat terjadi kecemasan warga akibat guncangan gempa yang berdurasi sekitar 5 detik.

Tetapi hanya sejenak warga berhamburan keluar rumah, lalu mereka kembali melakukan aktivitas seperti biasa. "Tidak ada kerusakan, kami sudah terbiasa dengan kondisi ini," tegas Oktriana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini