Sukses

Meski Perbaikan, Planetarium Buka saat Gerhana Matahari Total

Liputan6.com, Jakarta - Planetarium Jakarta sebagai tempat wisata edukasi perbintangan dan benda-benda langit, selalu ramai dikunjungi anak-anak hingga dewasa. Apalagi pada saat akhir pekan.

Namun, tempat yang beralamat di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat ini, kini dalam renovasi. Alhasil, tempat ini hanya buka pada hari biasa dan tutup pada libur akhir pekan.

"Iya ini lagi tutup. Udah lumayan lama tutupnya, udah sekitar 4 bulanan," ujar seorang sekuriti Planetarium kepada Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (5/3/2016).

Kendati, pria tersebut menyatakan, Planetarium akan dibuka pada Rabu 9 Maret 2016 mendatang, menggelar nobar alias nonton bareng Gerhana Matahari Total (GMT).

"Nanti Rabu buka, karena mau teropong Gerhana Matahari Total. Mulainya dari jam 06.00, ini kan ada nih pengumumannya," tandas sekuriti itu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Planetariun dan Observatorium Dinas Pendidikan DKI Jakarta Eko Wahyu membenarkan, pada akhir pekan Planetarium tutup.

"Untuk Sabtu Minggu Planetarium memang tutup, tapi hari biasa tetap buka, kok. Saat ini, di tempat pertunjukkan teater bintang sedang maintenance, karena memang susah alat-alatnya dari Jerman," kata dia kepada Liputan6.com.


"Kita tetap buka untuk pameran dan bioskop kecil ruang multimedia pemutaran film 3 dimensi," tandas Eko.

Sementara, beberapa anggota keluarga yang tidak mengetahui perubahan pelayanan tempat ini, sedikit kecewa. Karena mereka ingin berkunjung ke Planetarium.  

"Yah tutup. Padahal anak-anak pengen tahu ke sini. Nanti juga Mei anak saya yang masih TK ini mau ke sini, tapi kalau tutup gini gimana yah," ujar seorang ibu yang membawa 2 anaknya itu.

Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi pada 9 Maret mendatang, dapat terlihat di 12 provinsi di Tanah Air yaitu Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung.

Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Selain 12 provinsi di atas, wilayah yang lain hanya akan mendapatkan gerhana matahari sebagian, dengan waktu berbeda-beda.

 

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

Loading