Sukses

Laskar Gerhana Matahari Siap Tempur Saat GMT 2016

Liputan6.com, Yogyakarta - Fenomena gerhana matahari pada 9 Maret 2016 mendatang tidak akan dilewatkan para pecinta astronomi, termasuk  Komunitas Jogja Astro Club (JAC). Bahkan, komunitas itu siap menerjunkan 100 relawan yang dinamai Laskar Gerhana Matahari.

Mereka akan mendampingi masyarakat Yogyakarta dengan bersenjatakan berbagai alat di sekitar Masjid Gede Kauman. Pembina Jogja Astro Club (JAC) Mutoha Arkanuddin menyatakan pihaknya menyiapkan kacamata dan alat proyeksi guna membantu masyarakat yang ingin melihat gerhana matahari.

"Di Yogya nonton bareng ada di Tugu, kita dari JAC juga akan melakukan pengamatan di Masjid Kauman," ujar Mutoha, Kamis, 3 Maret 2016.


Ia menerangkan acara nonton langsung gerhana matahari di Kauman akan dimulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Selain melihat langsung fenomena alam itu, komunitas juga akan melaksanakan salat gerhana pada pukul 07.45 WIB di Masjid Kauman.

"Ada salat gerhana, lalu nanti juga share soal gerhana matahari. Intinya memberikan edukasi bagaimana cara menyaksikan dan apa penyebab gerhana," ujar dia.

Mutoha menyebut komunitas  juga akan bekerja sama dengan Pos Indonesia. Kerja sama itu dilakukan dengan menjual perangko edisi Gerhana Matahari di lokasi.

"Besok akan ada perangko gerhana matahari juga kerjasama dengan Pos Indonesia," kata Mutoha.

Loading