Sukses

VIDEO: Berbagai Jenis Gerhana Matahari

Ada 3 jenis gerhana matahari selain gerhana matahari total yang menutup seluruh matahari.

Liputan6.com, Jakarta - Total solar eclips alias gerhana matahari total akan melintasi Indonesia 9 Maret mendatang. Pelan tapi pasti, matahari tertutup bulan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (2/3/2016), sebenarnya ada 3 jenis gerhana matahari, selain gerhana matahari total yang menutup seluruh matahari.

Gerhana Sebagian adalah saat piringan bulan hanya menutup sebagian piringan matahari. Gerhana Cincin adalah saat piringan bulan berada di dalam piringan matahari dan cahaya matahari menyerupai cincin.

Sementara itu, Gerhana Hibrida adalah fenomena yang amat langka karena terjadi saat gerhana total dan cincin muncul bersamaan.

Gerhana matahari terjadi saat bumi tidak menerima cahaya matahari sepenuhnya karena tertutup bulan. Bumi pun mendadak gelap di siang hari.

Tahun 2016 gerhana matahari total melintasi 12 provinsi di Indonesia. Tentu menjadi momen langka yang sayang jika dilewatkan, karena hanya akan berlangsung paling lama 3 menit. Itu pun di wilayah Maba, Halmahera, Maluku, daerah paling timur Indonesia yang dilintasi gerhana matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.