Sukses

Posko Siaga Banjir di Jakarta Aktif 15 November

Liputan6.com, Jakarta - Hujan mulai mengguyur Jakarta. Beberapa wilayah sudah merasakan dampak, seperti banjir dan pohon tumbang.

Menyambut kedatangan musim hujan, Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan serangkaian persiapan. Dari normalisasi kali, waduk, dan saluran air, hingga perbaikan pompa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) DKI Jakarta Denny Wahyu Haryanto mengatakan, jajarannya juga sudah melakukan persiapan. Posko siaga bencana akan diaktifkan dalam waktu dekat.

"Dari hasil rapim dengan Pak Gubernur, untuk posko siaga akan diaktifkan pada 15 November 2015," kata Denny saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (9/11/2015).

Posko bencana ini tidak hanya terpusat di tingkat provinsi. Posko serupa juga akan dibangun di setiap kecamatan dan kelurahan. Sehingga petugas lebih cepat tiba di lokasi bencana.

"Untuk di tingkat provinsi akan dipusatkan di Pusdalops BPBD DKI Jakarta. Lalu, dilaksanakan juga di tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan," lanjut dia.

Denny menjelaskan, BPBD tidak sendirian dalam menghadapi bencana. Beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya yang terkait dengan penanganan bencana juga akan terlibat dalam posko ini.

"Setidaknya ada 9 SKPD yang ikut bersama kami sebagai pelaksana penanggulangan bencana," pungkas Denny. (Ndy/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.