Sukses

Temukan Formula Anti Rayap, Anak SD di Semarang Juara di Korsel

Siswa SD di Semarang ciptakan cairan dari buah bintaro. Cukup semprotkan tiga kali, rayap terkapar.

Liputan6.com, Jakarta Muhammad Zulfikar Avicenna, murid kelas VB SD Semesta Bilingual Boarding School, Semarang, Jawa Tengah, awalnya mengaku risih karena rak buku di perpustakaan sekolahnya dikerumuti rayap.

Siswa yang saat ini menginjak usia 10 tahun ini pun, langsung mengajak teman sekelasnya Muhammmad Baiata Farisi untuk mencari solusi agar rayap tersebut tidak lagi mampir di rak buku perpustakaan sekolah.

Bermodal internet untuk mencar-cari bahan formula yang ampuh, Cenna sapaan akrab Avicenna, bersama Farisi dan guru pembimbingnya, Umarudin, akhirnya menemukan buah bintaro sebagai bahan utama formula anti rayap.  

Dua bocah itu mulai melakukan eksperimen dengan mengubah buah bintaro yang beracun menjadi cairan anti rayap. Semua ide dua anak itu masih berdasar data pada materi pelajaran tentang tumbuhan di kelas III dan browsing di internet.

Buah bintaro dipilih karena banyak terdapat di Tembalang dan Banyumanik, tidak jauh dari sekolahnya. Buah itu juga sudah terpercaya reputasinya sebagai pembasmi tikus.

"Kami lakukan percobaan dua kali. Yang pertama gagal. Terus yang kedua berhasil," kata Farisi kepada liputan6.com Senin (2/11/2015).

Hal itu dilakukan oleh Cenna dan Farisi sebulan sebelum ada lomba World Creativity Festival 2015 di Daejeon, Korea Selatan. Karena dinilai menarik, akhirnya penemuan itu ikut dilombakan di ajang bertaraf internasional itu.

"Akhir Oktober lalu ikut lomba dan dapat medali perak," kata Cenna.

Saat presentasi,  buah bintaro yang sudah diubah menjadi cairan itu disemprotkan ke tempat rayap berkumpul. Hanya hitungan detik, rayap langsung mati.

Cenna juga mempraktekan cara membuat cairan  Terminator (termite exterminator) dari Pongpong Fruit (carbera manghas) itu.

Awalnya buah Bintaro dipotong menjadi kecil-kecil kemudian di blender sampai halus. Hasil blender ditimbang hingga 100 gram lalu dicampur air sulingan atau Aquades seberat 300 gram.

Campuran itu diaduk hingga mencampur dan disaring. Cairan yang sudah jadi didiamkan selama dua hari untuk ekstraksi sebelum digunakan. "Ini didiamkan dua hari. Nanti pakainya tinggal disemprotkan," kata Farisi.

Hasilnya? Koloni rayap dari kayu yang dijadikan sampel kemudian disemprot menggunakan cairan buatan mereka, dan terbukti cukup tiga kali semprot rayap mati seketika.

Farisi pun menceritakan pengalamannya ketika berada di Daejeno, Korea Selatan. Dia dan Cenna saat itu percaya diri dengan temuan mereka. Saat persentasi dengan bahasa Inggris pun mereka yakin menang.

"Sempet deg-degan soalnya slide hilang satu, tapi enggak apa-apa. Tetep go terus. Pas datang sudah yakin menang," kata Farisi.

Guru pembimbing, Umarudin mengatakan pihaknya membantu membimbing dan mengarahkan siswanya termasuk mencarikan jurnal tentang buah Bintaro itu. Terkait pengajuan hak paten, sudah ada rencana namun harus melalui penelitian lebih lanjut.

"Jadi mereka melihat situasi di sekolahannya. Kemudian di jurnal itu disebutkan buah Bintaro memiliki senyawa yang bisa dimanfaatkan (untuk membasmi rayap). Untuk mematenkan perlu kajian ilmiah lebih lanjut," kata Umarudin.

Kepala SD Semesta Bilingual Boarding School, Siti Zubaidah mengatakan, sudah dua kali siswa-siswanya mendapatkan medali di ajang yang sama. Tahun lalu temuan berupa kulit durian yang bisa menjernihkan jlantah atau minyak bekas pakai bisa mendapatkan medali perak.

"Dukungan kami berupa pembinaan, pembuatan proyek, pembuatan video dan pembinaan dosen dari Undip. Ini tahun kedua bagi kami mendapatkan Silver. Tahun lalu kulit durian menjernihkan jlantah," kata Siti. (Dms/Hmb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.