Sukses

Hujan Lebat, Kualitas Udara di Sumatera Barat Mulai Membaik

Namun karena peluang hujan masih belum merata, apalagi dengan intensitas sedang, kepekatan kabut asap masih dirasakan di sejumlah daerah.

Liputan6.com, Padang - Hujan lebat yang mengguyur beberapa daerah di Sumatera Barat membuat kualitas udara di sebagian besar wilayah tersebut mulai membaik. Dari hasil pantauan Stasiun Global Atmosphere Watch (GAW) Koto Tabang tercatat kualitas udara di daerah Sumbar sudah berada dalam kondisi baik.

"PM10 (partikel debu) dari pagi hingga siang ini tercatat di bawah 50 mikogram per meter kubik dengan kategori ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) dalam kategori baik. Dari data BMKG, juga ada peringatan dini cuaca untuk hujan ringan hingga sedang siang ini," ujar Staf BMKG bagian Observasi, Data, dan Analisis Stasiun GAW Koto Tabang, Albert Nahas, pada Liputan6.com, Sabtu (31/10/2015) siang.

Menurut dia, angin memang masih berembus dari tenggara Sumbar. Namun di daerah tenggara Sumbar seperti Jambi dan Sumatera Selatan juga telah turun hujan. Apalagi kecenderungan hujan tiga hari belakangan di Sumbar membawa dampak yang baik bagi kualitas udara dan pertanian.


"Di Sumbar, potensi hujannya meningkat dan ini cukup baik bagi kita. Dua sampai tiga hari ke belakang ISPU kita sudah mengalami tren penurunan," ucap Albert.

Albert mengatakan dari data yang dimiliki BMKG, arah angin diprediksi akan berubah pada awal November. Namun, kata dia, karena peluang hujan masih belum merata, apalagi dengan intensitas sedang, kepekatan kabut asap masih dirasakan di sejumlah daerah. Terutama di sebelah selatan Sumbar, seperti Solok Selatan, Dharmasraya, dan Sijunjung.

"Arah angin yang mengarah ke Sumbar masih berasal dari bagian selatan Sumatera yang memang dalam beberapa hari ke depan akan mengalami pergeseran. Namun kabar baiknya, pada awal November angin yang menuju Sumbar itu berasal dari daerah timur dan timur laut " ucap Albert.

Data BMKG Padang mengeluarkan peringatan dini cuaca Sumbar untuk hari ini turun hujan dari pukul 13.30 WIB. Berpotensi terjadi hujan sedang-lebat disertai petir dan kilat di wilayah Padangpanjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Limapuluh Kota, dan Kepulauan Mentawai. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 15.30 WIB dan meluas ke wilayah Tanah Datar, Agam, dan sekitarnya.

Menurut Albert, wilayah pesisir berpeluang mendapatkan hujan yang cukup besar pada siang hingga sore, kemudian meluas ke wilayah Sumbar lainnya. Menurut dia, peluang hujan juga terindikasi di sebagian besar wilayah Sumatera. (Nil/Sun)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.