Sukses

Megawati Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Korea Selatan

Ini adalah gelar doktor honoris causa yang ketiga untuk Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mendapatkan gelar doktor honoris causa atau kehormatan dari Korea Maritime and Ocean University atas dedikasi dan pengabdiannya di bidang politik.

"Ini adalah untuk yang ketiga kalinya beliau mendapatkan gelar doktor honoris causa," ucap Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Sabtu (17/10/2015).

Gelar doktor kehormatan dari salah satu universitas kenamaan di Korea Selatan itu akan diberikan pada Senin 19 Oktober mendatang di Kota Busan.

Hasto mengungkapkan, doktor honoris causa yang pertama kali diterima Megawati pada 2001 dalam bidang hukum dari Universitas Waseda, Tokyo, Jepang.

Kemudian penghargaan gelar doktor honoris causa yang kedua bagi Megawati dari Moscow State Institute of International Relation, Moskow, Rusia, dalam bidang politik atas jasanya mengembangkan sikap saling pengertian antar-bangsa dan interaksi antarperadaban.

"Kali ini atau untuk yang ketiga kalinya, Korea Maritime and Ocean University memberikan gelar doktor kehormatan dalam bidang politik," ujar Hasto.

Menurut Hasto, universitas tersebut telah memberikan kontribusi besar menjadikan Korea Selatan sebagai negara transportasi maritim terbesar kelima sedunia.

Rencananya dalam perhelatan gelar di Kota Busan itu, Megawati Soekarnoputri akan ditemani putranya, Mohamad Rizky Pratama dan fungsionaris DPP PDIP Andreas Hugo Pareira bersama mantan Menteri Kelautan Rokhmin Dahuri. (Ant/Ans/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.