Sukses

Wakil Ketua DPR: Pemerintah Belum Serius Tangani Kabut Asap

Agus mengatakan pemerintah berjalan sendiri-sendiri dalam menangani permasalahan kabut asap.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto meminta Pemerintah lebih serius dan segera mengambil alih penanganan bencana asap akibat kebakaran hutan di beberapa daerah. Sebab, asap akibat pembakaran lahan tersebut sudah melumpuhkan aktivitas warga.

Dia menilai Presiden Jokowi beserta para jajarannya masih setengah-setengah dalam menangani permasalahan tersebut. Menurut dia, kabut asap yang kian parah ini harus dijadikan sebagai bencana nasional. Sehingga penanganan anggaran dan jangkauannya juga bisa secara nasional.
 
"Pemerintah harus curahkan seluruh pikiran serius tangani kabut asap. Saya lihat sampai hari ini pemerintah belum serius, Presiden beserta menterinya, harus serius tetapkan kabut asap sebagai bencana nasional," kata Agus Hermanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Politikus Partai Demokrat itu menuturkan, apabila negara asing ingin membantu dan selama itu tidak ada intervensi, pemerintah harus menerima. Bantuan negara asing tidak selalu salah karena melihat kondisi dan situasinya.

Agus menilai pemerintah berjalan sendiri-sendiri dalam menangani permasalahan kabut asap. Baik pusat maupun daerah tidak bersinergi.

Dia mengimbau Presiden Jokowi agar segera melakukan langkah-langkah konkret agar permasalahan asap ini segera bisa ditangani.

"Tidak bahu membahu BNPB, Menhut bahkan Menko Polhukam sendiri. Kami dorong pemerintah untuk tangani asap ini. Kalau bisa sebanyak mungkin buat awan buatan dan bagaimana gimana," tandas Agus Hermanto. (Mvi/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini