Sukses

Ibu Amnesia yang Hanya Ingat Kata 'Indonesia' Ternyata dari Burma

Berdasarkan informasi yang digali tim dokter PPIH Arab Saudi, perempuan yang sedang berbaring adalah orang Burma.

Liputan6.com, Jeddah - Beredar luas di media sosial, foto seorang jemaah haji perempuan terbaring di Rumah Sakit Malik Faisal, Mekah, Arab Saudi. Ibu yang tidak ingat siapa namanya itu lemas dan tengah menjalani perawatan. Hanya satu kata yang diucapkannya, 'Indonesia'. Ada 2 versi tentang identitas ibu itu.

Kepala Daerah Kerja Mekah Arsyad Hidayat pun memberikan klarifikasi terkait munculnya foto broadcast dan informasi yang beredar di media sosial tersebut. Dia mengatakan perempuan tersebut tidak ada kaitannya dengan tragedi Mina.

Versi pertama, perempuan yang ada di foto broadcast itu bernama Ana Suhana Binti Abbas dengan Nomor Paspor B0925510 dari kloter JKS 49. Arsyad menegaskan, Ana bukanlah korban tragedi Mina.

"Yang bersangkutan wafat di RS Emergensi Mina kemarin pada tanggal 1 Oktober 2015 karena sakit," ujar dia di Jeddah, Jumat (2/10/2015).

Kemudian muncul versi kedua. Ibu itu bernama Eri Sukanti Binti Mulylo Suwito, asal kloter SUB 61 Surabaya. Namun, Arsyad kembali membantahnya.

Jemaah perempuan amnesia yang terbaring dengan selang oksigen tersebut ternyata warga negara Burma. Ini berdasarkan informasi yang digali tim dokter PPIH Arab Saudi.

"Sama sekali ibu itu tidak mengenal tulisan atau percakapan bahasa Indonesia," kata Arsyad.

Menurut dia, Eri Sukanti Binti Mulylo Suwito masih dalam keadaan sehat. "Jemaah tersebut dalam keadaan sehat walafiat, dan baru saja menjalani umrah pada saat beredarnya foto-foto tersebut," tandas Arsyad. (Mvi/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini