Sukses

Jokowi: Sampai Detik Ini Tak Terpikir Minta Maaf kepada PKI

Jokowi meminta peristiwa G30S tidak terulang di masa mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan dirinya tidak akan meminta maaf kepada para keluarga anggota PKI yang terlibat dalam Gerakan 30 September (G30S). Ia menuturkan tidak pernah terpikirkan untuk melakukan hal tersebut.

"Tidak ada pemikiran mengenai minta maaf, sampai detik ini tidak ada pemikiran ke arah itu," ujar Jokowi usai mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila, Lubang Buaya, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Jokowi enggan berkomentar mengenai beredarnya pesan singkat yang menyebut presiden akan meminta maaf kepada para keluarga PKI. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun kembali menegaskan kalau dirinya tidak pernah berpikir untuk meminta maaf.

"Sampai detik ini tidak ada pemikiran mengenai minta maaf. Tanyakan ke yang nyebar-nyebarin, jangan tanya ke saya," tegas dia.

Jokowi meminta jajarannya, khususnya pihak keamanan, baik itu dari unsur TNI maupun Polri, untuk tetap waspada dan menjaga keutuhan NKRI agar peristiwa seperti G30S tidak lagi terjadi di masa mendatang.

"Kita tetap harus waspada, jangan sampai ada kurang kewaspadaan sehingga peristiwa seperti, meski saya yakin tidak akan kejadian lagi, dan saya berharap peristiwa G30S PKI ini tidak akan terjadi lagi di bumi pertiwi kita," pungkas Jokowi.

Sebelumnya, dalam sebuah pesan berantai yang berisi sebuah pengumuman yang menyebut kalau Presiden Jokowi akan menghadiri acara reuni keluarga PKI dan Gerwani. Dalam acara tersebut, presiden juga disebut akan meminta maaf secara terbuka kepada para keluarga PKI.

Berikut isi pesan berantai yang dimaksud:

Rabu Jam.10.00.TgL 30. Sept.2015.

- JOKOWI Mengadakan REUNI Bagi Anggota Keluarga PKI & GERWANI Seluruh Indonesia.

Di Gedung GELORA BUNG KARNO SENAYAN.

- Dlm Acara tsb Jokowi Akan Minta Maaf...

Kpd Keluarga PKI & GERWANI‎

(Alv/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.