Sukses

Pengadilan Agama Jakut: Gayus Keluar Lapas Hadiri Sidang Cerai

Liputan6.com, Jakarta - Pengadilan Agama Jakarta Utara menjawab kabar tentang terpidana kasus penggelapan pajak dan rekening gendut Gayus Tambunan keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Mantan pegawai Ditjen Pajak itu disebut tengah menghadiri sidang gugatan cerai yang dilakukan istrinya, Milana.

Hakim Pengadilan Agama Jakarta Utara, Affandi, membenarkan bahwa pria yang memiliki nama lengkap Gayus Holomoan Partahanan Tambunan itu menghadiri sidang cerai pada 9 September 2015 lalu.

"Iya waktu itu dia (Gayus) ke sini untuk menghadiri sidang percerian. Dia digugat istrinya dan saat ini sudah tahap mediasi," ujar Affandi saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Affandi menambahkan, persidangan perkara yang digugat Milana itu sudah berjalan tiga kali. Namun dalam sidang yang diketuai Majelis Hakim Achmad Zainullah itu, tergugat Gayus baru pertama kali datang pada 9 September lalu.

"Sidangnya kurang lebih sudah berlangsung sejak awal bulan lalu. Saat itu Milana datang didampingi pengacaranya, Elza Syarif. Kalau untuk Gayus sendiri, saya kurang begitu ingat pengacaranya siapa," tutur dia.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, I Wayan Kusmiantha Dusak, membenarkan bahwa Gayus Tambunan keluar dari Lapas Sukamiskin pada 9 September lalu. Gayus diketahui keluar lapas untuk menghadiri sidang cerai yang digugat istrinya.

‎"Tadi kita sudah kirim tim ke Bandung, tadi di Metro Kakanwil Bandung sudah menjelaskan, memang dia (Gayus Tambunan) keluar (lapas) 9 September," terang I Wayan.

Meski demikian, I Wayan tetap akan menyelidiki kasus keluarnya pria tambun tersebut. Khususnya mengenai keberadaan Gayus di restoran bersama dua wanita seperti dalam foto yang beredar di sosial media.

"Nah itu yang sedang kita selidiki. Dia keluar di situ atau di restoran atau di mana? Bisa saja di pengadilan kan ada restoran. Tapi kalau di luar dari itu, berarti ada yang salah," tutur I Wayan.

Foto mirip Gayus yang merupakan terpidana kasus penggelapan pajak sebelumnya beredar di media sosial tengah asyik berpose di sebuah restoran yang diyakini berada di Jakarta.

Foto ini diunggah pemilik akun Facebook, Baskoro Endrawan, pada 19 September 2015. Dalam foto itu, Gayus menggunakan topi, berkaos biru dan celana jins.

Gayus tengah tersenyum menghadap kamera bersama dua orang yang wajahnya disamarkan di depannya. Di meja, Gayus juga tampak ada telepon selular berwarna putih. (Ali/Yus/Sar)

Loading