Sukses

Ratusan Peserta Ikuti Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara di Sumatera Barat

Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII 2023 digelar di Padang, Sumatera Barat

Liputan6.com Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII 2023 digelar di Padang, Sumatera Barat. Kegiatan itu dihadiri 100 orang praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang bergabung dengan ratusan anggota lainnya.
 
Misalnya 360 taruna Akmil, 269 taruna Akpol, 113 taruna AAU, dan 97 taruna AAL. Kemudian ada pula 40 orang dari BSSN dan 100 orang perwakilan mahasiswa lainnya.
 
Rektor IPDN, Hadi Prabowo menyatakan nantinya latihan gabungan dan ditempatkan di 5 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Seperti Padang, Pariaman, Solok, Pesisir Selatan dan Pasaman. 
 
"Seluruh praja IPDN ini akan melakukan defile pasukan dan kirab kota bersama dengan drum corps gabungan peserta Latsitardanus lainnya. Drumband praja nantinya akan melakukan kirab kota di sepanjang jalan sudirman, rasuna said, raden saleh dan berakhir di GOR Agus Salim. Jadi nanti masyarakat sekitar disini dapat menyaksikan aksi praja IPDN dalam bermain drumband," kata Hadi, Jumat (19/5/2023).
 
Dia mengharapkan nantinya para peserta dapat mengikuti kegiatan secara disiplin dan dapat bermanfaat untuk masyarakat. Lanjut Hadi, nantinya para peserta Latsitardanus akan melakukan beberapa kegiatan di masyarakat.
 
Seperti halnya karya bakti dengan melakukan rehab jalan, bedah rumah tidak layak huni, pembangunan taman, pembersihan irigasi, hingga gotong royong di kawasan wisata Kota Pariaman.
 
"Penyuluhan terkait narkoba dan bela negara, promosi IPDN, Akmil, Akpol, AAU, AAL dan BSSN kepada siswa/i SMA/SMK di Kota Padang, konseling perubahan perilaku, tata laksana gizi buruk, penyuluhan pembuatan pupuk organik, sosialisasi kepada pelaku wisata dan UMKM di kawasan destinasi wisata," jelas dia.
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Sikap Arogan

Sedangkan, Panglima TNI RI Laksamana Yudo Margono meminta agar seluruh peserta Latsitardanus untuk menghindari sikap arogan.
 
"Saya harap praja dan taruna-taruni yang mengikuti kegiatan ini tetap bersikap sopan, hindari sikap arogan, patuhi aturan yang berlaku terutama kearifan lokal disini. Pahami, hayati dan budayakan semangat integrasi," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini