Sukses

Setya Novanto: HUT ke-70 DPR, Akses Informasi Parlemen Makin Luas

DPR tetap berkomitmen mempercepat pemberian tanggapan atas surat pengaduan dan aspirasi.

Liputan6.com, Jakarta - DPR menggelar rapat paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-70 lembaga negara itu dan Laporan Kinerja DPR Tahun Sidang 2014-2015. Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, memasuki usia ke-70, proses demokratisasi semakin berkembang dan memungkinkan masyarakat menyampaikan kritik secara terbuka.

"Akses informasi mengenai parlemen semakin luas sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada satu hari pun tanpa pemberitaan mengenai DPR, baik berita positif maupun negatif," ujar Setya dalam pidato peringatan Hari Ulang Tahun ke-70 DPR, Jumat (28/8/2015).

Setya menegaskan, DPR tetap berkomitmen meningkatkan kecepatan dalam memberikan tanggapan atas surat pengaduan dan aspirasi masyarakat yang telah disampaikan.

"Salah satu bentuk komitmen DPR dalam hal ini adalah dengan meresmikan Ruang Layanan Terpadu Pengaduan Masyarakat pada pertengahan Juni 2015. Keberadaan layanan ini diharapkan dapat mendukung rencana DPR untuk mewujudkan parlemen modern," tutur dia.

Setya berkeyakinan, DPR dapat melanjutkan upaya pengembangan dan penguatan sebagai kekuatan utama dalam kamar legislatif.

Sidang paripurna DPR ini dihadiri Ketua DPD Irman Gusman dan Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad. Hadir pula mantan Ketua DPR seperti Akbar Tandjung dan Agung Laksono. (Mvi/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini