Sukses

Bila Jadi Pimpinan KPK, Brigjen Pol Basaria Pastikan Independen

Brigjen Pol Basaria Panjaitan menegaskan dirinya akan bersikap independen bila terpilih menjadi pimpinan KPK.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Brigjen Pol Basaria Panjaitan menegaskan dirinya akan bersikap independen bila terpilih menjadi pimpinan KPK. Hal itu disampaikan saat wawancara tahap akhir di hadapan 9 anggota Pansel KPK.

"Percaya sama saya, saya independen," ‎kata Basaria di Gedung Setneg, Jakarta, Senin (24/8/2015).

Basaria mengakui keikutsertaan dirinya untuk menjadi pimpinan KPK tidak lepas dari rekomendasi pimpinan Polri. ‎Meski demikian, ia mengatakan ide untuk mendaftar pertama kali berdasarkan kemauan diri sendiri.

"Kalau dukungan, kayaknya bukan saya saja yang dapat dukungan pimpinan. Saya‎ kan masih perwira aktif. Saya kalau keluar provinsi harus lapor Kapolri, tapi saya tegaskan ide ini (partisipasi dalam Capim KPK) dari saya," tutur dia.

Ia juga memastikan tidak akan pandang bulu saat mengusut suatu kasus. Bila berkaitan dengan institusi polisi pun, selama ada bukti-bukti yang cukup, maka ia akan menindaknya.

"Ibu bisa percaya soal itu. Di polisi, naik pangkat itu tidak bisa dilakukan oleh satu orang. Kalau soal independen, selama ada 2 alat bukti, yang salah tetap salah, yang benar tetap benar,‎" tandas Basaria. (Alv/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini