Sukses

5 Pramuka Pendaki Tersesat di Gunung Merbabu Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta - Kelima anggota Pramuka yang tersesat saat mendaki Gunung Merbabu di Jawa Tengah akhirnya ditemukan tim SAR Boyolali. Jumat pagi mereka dievakuasi turun dari ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Koordinator SAR Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo mengatakan, setelah operasi pencarian digelar sejak sejak Kamis malam 28 Mei 2015, para pendaki yang tersesat itu akhirnya ditemukan pada Jumat (29/5/2015) dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB.

Mereka lantas dibawa turun gunung sekitar pukul 06.00 WIB. "Selain lima pendaki yang tersesat, tim SAR juga menemukan satu pendaki yang sakit. Setelah itu, tim langsung mengevakuasi para pendaki untuk turun," ujar dia.

Kelima pendaki anggota pramuka yang tersesat itu, merupakan anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Boyolali. Kelimanya, yakni Risky, Mugni, Ahmad, Danang, dan Wahyu.

Fajar mengatakan, para pendaki itu adalah para siswa setingkat SMA yang tergabung dari beberapa sekolah di Boyolali.

"Mereka itu tidak satu sekolah tetapi dari beberapa sekolah SMA, kalau nggak salah, salah satunya dari SMA Klego, Boyolali. Para pendaki itu adalah ‎anggota Ubaloka Boyolali," ucap Fajar.

Saat tersesat, kata dia, salah satu pendaki menelepon temannya di Boyolali dan mengabarkan kondisi mereka. Kemudian teman sang pendaki itu pun langsung melaporkan informasi itu ke tim SAR.

Berdasarkan informasi yang diterima, mereka salah jalan saat melewati lokasi yang dikenal dengan sebutan Watu Tulis. (Ndy/Yus)

Loading