Sukses

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Hari Buruh di Jalan Protokol

Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titi di Ibukota.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian massa buruh di daerah seperti di Surabaya, Jawa Timur telah melakukan pemanasan dengan turun ke jalan 1 hari jelang peringatan Hari Buruh 1 Mei 2015 besok.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (30/4/2015), di Bogor, Jawa Barat, buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional telah menyiapkan beragam perlengakapan aksi damai memperingati Hari Buruh di Ibukota.

Mereka juga menyiapkan 11 poin tuntutan yang akan diajukan kepada pemerintah. Di antaranya menolak kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) 2 sampai 5 tahun sekali, menolak upah murah, serta menuntut penghapusan sistem kontrak.

Peringatan Hari Buruh besok rencananya akan dikonsentrasikan di depan Istana Negara. Massa buruh akan mengawali long march dari Tugu Selamat Datang atau Bundaran HI menuju Istana Negara.

Menyikapi rencana ini, Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan hari bebas kendaraan atau Car Free Day saat May Day di sepanjang ruas jalan protokol Sudirman - Thamrin hingga Medan Merdeka Barat dan Utara.

Namun penerapannya akan disesuaikan dengan rute aksi para buruh. Di wilayah ini, para pengunjuk rasa tidak diizinkan melakukan konvoi.

Bagi masyarakat yang hendak beraktivitas melewati rute ini tidak perlu khawatir. Polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik. Di sisi timur misalnya, yaitu Jalan Rasuna Said, Jalan Kramat Raya, Jalan Teuku Umar, Tugu Tani, dan Jalan Merdeka Timur.

Sedangkan di sisi barat dapat melalui Jalan KH Mas Mansyur, Jalan S Parman, Cideng, dan KS Tubun. (Vra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.