Sukses

Monas Akan Jadi Tempat Salat Jumat Saat Hari Buruh

"Mulai dari imam, khotib, muadzin, karpet, sajadah, air wudhu. Kita akan buat keran-keran air di sekitar Monas," jelas Budi.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya melakukan berbagai persiapan untuk menciptakan suasana tertib dan kondusif saat peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada Jumat, 1 Mei 2015. Diperkirakan ratusan ribu buruh akan menggelar aksinya di Bundaran Hotel Indonesia hingga Istana.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan, pihaknya menyiapkan tempat untuk salat Jumat para buruh di pelataran Monumen Nasional (Monas).

"Dari pukul 12.00 sampai 13.00 rekan-rekan buruh akan melakukan salat Jumat di Monas. Semua keperluan ibadah disediakan oleh petugas kepolisian dari Polda Metro Jaya," tutur Unggung usai memimpin apel Gelar Pasukan Pengamanan May Day 2015 di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Di tempat yang sama, pejabat sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Budi Wijanarko merincikan hal-hal yang akan dipersiapkan untuk salat Jumat 1 Mei nanti. Polda Metro menyiapkan imam salat hingga perangkat salat untuk 178.000 buruh yang diperkirakan akan hadir.

"Mulai dari imam, khotib, muadzin, karpet, sajadah, air wudhu. Kita akan buat keran-keran air di sekitar Monas," jelas Budi.

Unggung menuturkan, setelah menunaikan salat, para buruh akan lanjut melakukan orasi di depan Istana Merdeka. Orasi tersebut berisi tuntutan seperti menolak kenaikan upah 2 tahun sekali, adanya jaminan dana pensiun dan kesehatan, penghapusan outsourcing, menolak pasar bebas, menolak ketenagakerjaan, serta menolakan kenaikan harga BBM dan gas.

Ia berharap, para buruh memahami dan menaati peraturan yang sudah diberikan mengenai batas waktu kegiatan unjuk rasa harus berakhirm yaitu pukul 17.00 WIB. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.