Sukses

Bantuan dan Tim SAR untuk Gempa Nepal Diberangkatkan Jumat

Selain itu, sejumlah LSM dan lembaga kemanusiaan lainnya juga akan mengirim bantuan senilai US$ 1 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia menyatakan akan mengirim bantuan senilai US$ 1 juta untuk korban gempa Nepal. Selain itu, sejumlah LSM dan lembaga kemanusiaan lainnya juga akan mengirim bantuan senilai US$ 1 juta. Dengan begitu, total bantuan berjumlah US$ 2 juta.

"Tim akan berangkat pada Jumat (1 Mei 2015) atau paling lambat Minggu (3 Mei 2015)," kata Deputi Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Tri Budiarto saat dihubungi Liputan6.com, Senin (27/4/2015).

Dia menambahkan, pengiriman personel dan barang bantuan akan menggunakan 2 pesawat Airbus Garuda Indonesia. Pesawat itu akan membawa WNI dan warga negara tetangga saat dari Kathmandu Nepal menuju Jakarta.

"Tim akan berada di Nepal selama 14 hari," ujar Tri.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho merinci bantuan logistik dan peralatan yang akan dikirimkan ke Nepal. Yaitu berupa makanan, obat-obatan, tenda keluarga 300 unit, tenda posko 3 unit, tenda pengungsi 3 unit.

"Selain itu, lauk-pauk 10.000 paket, makanan tambahan gizi 10.000 paket, dan makanan siap saji 3.000 paket," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya. 

Tak hanya BNPB, sejumlah instansi juga mengirim bantuan ke Nepal. Di antaranya Kemensos mengirim 4.500 lembar selimut, Kemenkes 500 kantong mayat dan MPASI 2 ton.

"Sedangkan lembaga sosial PKPU mengirim 50 kantong mayat, Rumah Zakat 10.000 kaleng kornet kambing, 80 personel tim medis, dan Tim SAR. Juga akan ada 40 personel SAR dari Basarnas dengan peralatan dan polisi satwa yang terlatih," ujar Sutopo.
 
Dia menambahkan, Dubes RI di Dhaka akan mulai berkantor di Kathmandu mulai Selasa 28 April 2015. "Saat ini semua persiapan masih dilakukan," demikian Sutopo. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini