Sukses

Puluhan Kepala Negara Ikuti Acara Puncak KAA, Panser Anoa Siaga

Tidak hanya di Jakarta, Panser Anoa juga akan disiagakan pada penutupan KAA di Bandung, Jawa Barat, Jumat 24 April 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama puluhan kepala negara dan kepala pemerintahan, mengikuti acara puncak peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Pengamanan pun diperketat untuk mengawal acara itu.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (22/4/2015), ada 4 Panser Anoa 2 6x6 disiagakan. 4 Kendaraan tempur itu berada tepat di pelataran belakang Gedung Balai Sidang JCC. Padahal 3 hari pertama penyelenggaraan KAA, kendaraan tempur itu hanya disiagakan di sekitar Gedung JCC.

Total ada 30 kendaraan berlapis baja itu disiagakan di titik-titik tertentu di sekitar Gedung JCC, selama penyelenggaraan KAA ke-60. Tidak hanya di Jakarta, kendaraan ini juga akan disiagakan pada penutupan KAA di Bandung, Jawa Barat, Jumat 24 April 2015. Panser Anoa 2 6x6 dan juga 4x4 memang biasa digunakan untuk pengamanan dan pengawalan acara-acara penting kenegaraan.

‎Panser Anoa 2 atau nama lengkapnya Panser APS-2 6x6 Anoa itu, merupakan panser kelas ringan buatan PT Pindad. Panser ini mempunyai kemampuan manufer yang cocok digunakan di wilayah RI, dengan karakter medan dan jalan yang kecil dan sempit.

Panser ini berkapasitas 13 personel. Terdiri dari 1 komandan, 1 pengemudi, 1 penembak, dan 10 penumpang.‎

Persenjataan yang dimiliki panser ini, meliputi 1 senapan mesin berat SMB kaliber 7,62 mm atau 7,5 mm yang dipasang di copula atau tempat dudukan senjata yang dapat berputar. Dilengkapi juga 1 senapan mesin berat kaliber 12,7 mm yang terpasang di copula berputar.

Ada juga tambahan persenjataan dasar, smoke grenade pot yang ditempatkan di masing-masing sisi kanan, kiri, dan pintu depan. Lalu ada juga satu senjata AGL 40 mm di copula, dan pelempar granat asap.

Di panel depan dilengkapi LCD CCTV, yang berfungsi untuk melihat kondisi belakang dalam mengendalikan penutupan ramp door atau pintu belakang. Panser ini juga dilengkapi 13 lubang pelolosan, yang berfungsi sebagai jalan penyelamatan personel apabila terjadi darurat di panser.

Peringatan Konferensi Asia-Afrika ke-60 yang berlangsung pada 19 hingga 24 April ini akan digelar di 2 kota, yakni di Jakarta pada 19 sampai 23 April dan 24 April di Bandung. Agenda KAA meliputi 'Asia-Afrika Bussiness Summit' dan 'Asia-Africa Carnival'.

Tema KAA ke-60 dalam acara yang dihadiri 109 pemimpin negara dan 25 organisasi internasional itu, adalah peningkatan kerja sama negara-negara di kawasan selatan, kesejahteraan, serta perdamaian. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini