Sukses

Contoh Karimun Jawa, Menteri Marwan Ajak Warga Bangun Desa Wisata

Dengan memunculkan potensi desa, Marwan berharap desa-desa di Indonesia akan lebih sejahtera.

Liputan6.com, Jepara - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Marwan Jafar, mengimbau para Kepala Desa agar memanfaatkan dana desa sebaik mungkin. Salah satunya untuk memaksimalkan potensi wilayah.

Seperti di Jepara, Jawa Tengah, Marwan menilai Kabupaten itu memiliki ciri khas tersendiri. Sebab terdapat Pulau Karimun Jawa. Sehingga bisa dijadikan sumber pendapatan warga.

"Misalnya di Jepara ini ada Pulau Karimun Jawa yang di dalamnya terdapat 4 desa. Ini kalau setiap desanya bisa membangun wisata alam sebagai destinasi sungguh luar biasa," kata Marwan dalam ‎acara pengarahan para Kepala Desa se-Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, di Balai Room BBPAP Pantai Kartini Jepara dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (9/4/2015).

‎Selain Pulau Karimun Jawa, Jepara juga memiliki sedikitnya 21 pulau. "Karena itu, mari Kades-Kades di pulau-pulau Jepara ini bikin desa wisata," ajak Marwan.

Dengan memunculkan potensi desa, Marwan berharap desa-desa di Indonesia akan lebih sejahtera. "Selain Desa Wisata, di Jepara ini, juga ada Tenun Troso yang terletak di Desa Troso. Ini juga penting untuk dikelola dengan baik melalui Badan Usaha Milik Desa," terangnya.

Dengan adanya badan usaha milik desa (BUMDes), diharapkan juga timbul kreatifitas yang menjadi potensi desa agar bisa berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa setempat.
 
"Saya sangat berharap, dana desa ini nanti dapat dimaksimalkan untuk pembangunan desa masing-masing, agar Desa Mandiri yang menjadi cita-cita kita bersama segera tercapai," ungkap Marwan.

‎Selain dapat dimanfaatkan pembangunan desa, dana desa juga dapat dipergunakan untuk mengembankan desa masing-masing sesuai dengan potensi yang terdapat di desa tersebut. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.