Sukses

Pipin Suryana, Tukang Ojek Pelestari Hutan

Kebakaran di Gunung Papandayan pada 2007 melanda ratusan hektar hutan membuat seorang tukang ojek mengabdi pada lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran di lereng Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, melanda ratusan hektar hutan pada 2007. Kerugian lebih besar bisa dicegah berkat kesigapan warga setempat, terutama kelompok tukang ojek.

Tokoh tukang ojek setempat, Pipin Suryana, ternyata juga pengabdi lingkungan. Warga Kampung Pasir Sereh, Desa Sirnajaya, Garut, ini sejak kecil telah terbiasa menanam dan merawat pohon.

Rasa cinta lingkungan tertanam dalam diri Ipin karena pesan dari sang bunda. Pipin tidak tamat sekolah dasar. Dengan modal awal terbatas tentu bukan perkara mudah bagi Ipin untuk mengajak warga sekitar untuk menjaga lingkungan.

Pipin mengambil hati warga dengan membangun sendiri selama 4 tahun, yakni sebuah jalan setapak sepanjang 3 kilometer. Upaya-upaya Ipin yang memang bermanfaat untuk warga, sedikit demi sedikit menarik semakin banyak simpati.

Setelah kebakaran hutan pada 2007, Ipin membentuk komunitas pelestari hutan bernama Rawayan, yang berarti jembatan penghubung. Anggota tetapnya sekarang sekitar 30 tukang ojek.

Biaya kegiatan operasional Rawayan sepenuhnya datang dari kantung pribadi Ipin atau sumbangan tukang ojek anggota komunitas.

Karena dana dan sumber daya yang terbatas, Ipin dan anggota komunitasnya selalu coba menemukan cara-cara kreatif untuk melestarikan lingkungan.

Misalnya, Ipin justru senang bila bibit atau pohon milik komunitas Rawayan dicuri. Karena itu berarti bibit tersebut akan ditanam kembali di suatu tempat dan membantu proses penghijauan.

Warga setempat jelas merasakan manfaat dari kegiatan-kegiatan yang dimotori Ipin. Kawasan sekitar Gunung Papandayan yang dulu sempat gersang sekarang semakin hijau.

Ipin pun  memperoleh anugerah Kalpataru pada  2014. Bersama komunitas Rawayan, Ipin telah menanam ratusan ribu pohon.

Sebuah danau kecil di Sirnajaya bahkan kembali penuh air. Pria berusia 53 tahun, ayah dari 3 anak ini tidak akan berhenti mengabdi untuk kelestarian lingkungan. (Dan)

Saksikan video kisah mulia Pipin Suryana dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (1/3/2015), di bawah ini. (Dan/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.