Sukses

Demokrat: Jokowi Lakukan Langkah Tepat Tunjuk Badrodin Haiti

Langkah Jokowi dinilai tidak hanya menyelamatkan muka pemerintah, tetapi juga kepolisian serta Komisi Pemberantasan Korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menunjuk Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri menggantikan Jenderal Sutarman yang telah resmi menanggalkan jabatannya.

Menyikapi hal tersebut, Partai Demokrat memuji langkah Presiden Jokowi yang dinilai tidak hanya menyelamatkan muka pemerintah, tetapi juga kepolisian serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Keputusan itu adalah sikap yang tepat untuk menyelamatkan Presiden, Kepolisian, KPK dan negara ini. Ini sejalan dengan usulan dari Fraksi Partai Demokrat yang meminta menunda pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri," ujar anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat Didik Mukrianto, saat dihubungi, Jumat (16/1/2015) malam.

Dilain sisi, dengan keputusan tersebut, Didik meminta agar KPK bisa memberikan kepastian hukum terhadap Budi Gunawan untuk membuktikan apa yang disangkakan kepada Kalemdikpol itu.

"Tentunya KPK harus segera melakukan proses hukum terhadap Budi Gunawan atas apa yang disangkakan tersebut. Demikian juga dengan keputusan tersebut, memberikan kesempatan dan ruang yang cukup bagi Budi Gunawan untuk fokus melakukan pembelaan atas sangkaan KPK terhadapnya," jelas dia.

Menurut Didik, jika tidak dilakukan, maka integritas KPK dalam penegakan hukum patut dipertanyakan.

Sebelumnya, tadi malam di Istana Merdeka, Jokowi mengumumkan penunjukan Wakil Kepala Polri Komjen Pol. Badrodin Haiti sebagai Plt. Kapolri. Menurut Badrodin, dia sudah seharusnya menjalankan tugas Kapolri bila berhalangan dan akan melaksanakan tanggung jawab dengan baik dan tidak boleh ada kekosongan pimpinan. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini