Sukses

Tim Investigasi AirAsia: Transkrip Suara CVR Harus Tepat

Menurut Ketua Tim Investigasi AirAsia KNKT, untuk CVR data yang muncul akan berupa suara. Suara ini biasanya terbagi menjadi 4 kanal.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mulai melakukan investigasi. Setelah rekaman data penerbangan (flight data recorder/FDR) berhasil diunduh datanya, kini rekaman kokpit (cockpit voice recorder/CVR) pesawat AirAsia QZ8501 tak lama lagi juga akan di-download.

Ketua Tim Investigasi AirAsia KNKT, Mardjono Siswosuwarno mengatakan, untuk CVR data yang muncul akan berupa suara. Suara ini biasanya terbagi menjadi 4 kanal.

"Pertama, kapten pilot berbicara dengan kopilot. Kedua, pilot dengan ATC (air traffic controller atau pengawas lalu lintas udara), kanal 3 ada mikrofon yang merekam, mendengarkan suara apa saja, suara kursi dimajukan dimundurkan, instrumen warning bip bip. Dan, pengumuman di ruang penumpang," jelas Mardjono di Kantor KNKT, Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Tim memang terdiri dari beberapa ahli. Termasuk pilot senior yang sudah puluhan tahun menerbangkan pesawat, seperti Kapten Ertata Lananggalih dan Kapten Santoso Sayugo. Pilot-pilot inilah yang nantinya akan melakukan transkrip pembicaraan.

"Yang nulis bukan saya tapi Kapten Ertata dan Santoso. Sebab mereka berbicara dalam istilah pilot. Bikin transkrip pekerjaan yang melelahkan. Harus tepat, harus tahu siapa yang bicara. Kadang suaranya mirip sehingga harus menggunakan spektrum suara," ungkap dosen Institut Teknologi Bandung itu.

Setelah itu barulah tim akan mengadakan rapat pleno. Rapat beragendakan melakukan sinkronasi antara data FDR, CVR, dan berbagai data lainnya. Baru akan muncul kesimpulan yang akan dipublikasikan ke publik.

"Negatif atau positif, baik atau kurang baik akan kita tuliskan. Baru muncul faktor yang berkontribusi menyebabkan kecelakaan itu. Dari situ KNKT belum selesai. KNKT harus menulis rekomendasi keselamatan untuk pihak terkait," tandas dia.

Sebelumnya, tim investigasi AirAsia QZ8501 KNKT menyatakan pada Selasa 13 Januari 2015 berhasil mengunduh data dari FDR. "FDR yang kemarin (Senin 12 Januari 2015) datang sudah berhasil di-download (diunduh) dan data tersimpan dengan baik," kata anggota tim investigasi Ertata Lananggalih di Kantor KNKT, Jakarta, Selasa, 13 Januari 2015. (Ans/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini