Sukses

KMP Dukung Jokowi Pilih Budi Gunawan Jadi Kapolri

Wakil Ketua Komisi III yang juga Politisi Gerindra, Desmond J. Mahesa, menegaskan, Budi Gunawan telah memenuhi syarat.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Merah Putih (KMP) mulai sehati dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Setidaknya dalam rencana pengangkatan Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Politisi Partai Golkar, Bambang Soesatyo mengatakan, apa yang telah dilakukan Presiden Jokowi terkait pencalonan Budi Gunawan sebagai Kapolri sudah benar dan tidak menyalahi aturan. Bahkan dia menyatakan, Golkar mendukung pilihan Jokowi.

"Menurut saya calon yang diajukan presiden ini sebenarnya telah memenuhi kualifikasi sebagai Kapolri. Paling tidak dia pernah memimpin wilayah menjadi Kapolda 2 kali. Golkar sendiri mendukung pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan yang diajukan presiden sebagai kapolri mengantikan Jenderal Pol Sutarman," ujar Bambang di Jakarta, Senin (12/1/2015).

Soal rekening gendut yang ramai diberitakan saat ini, Bambang mengatakan telah mengkonfirmasi hal itu ke mantan kapolri Bambang Hendarso Danuri dan Budi Gunawan klir.

Politisi PKS, Nasir Djamil pun meminta semua pihak melihat secara jernih calon kapolri Budi Gunawan yang telah diajukan Presiden Jokowi ke DPR. Sebab, sebelum nama Budi Gunawan masuk ke DPR tentu sudah melalui sejumlah tahapan di Komisi Polisi Nasional (Kompolnas). Terkait komentar miring terhadap Budi, politisi asal Aceh itu menyebutnya sebagai hal biasa dalam masyarakat yang semakin terbuka dengan informasi.

"Dari sisi angkatan di kepolisian, Budi Gunawan yang merupakan alumni 83 akan bersinergi dengan para kepala staf lainnya di jajaran TNI yang juga alumni 83," tutur anggota Komisi III DPR itu.

Wakil Ketua Komisi III yang juga Politisi Gerindra, Desmond J Mahesa pun menegaskan, Budi Gunawan telah memenuhi syarat, tinggal kesiapannya dalam uji publik di Komisi III DPR nanti. "Budi Gunawan sudah memenuhi syarat sebagai calon kapolri, tinggal dia siap di tes atau tidak oleh Komisi III," jelas Desmond.

Sekretaris Fraksi Partai Demokrat, Didik Mukrianto berharap, jika Budi Gunawan terpilih,  dia dapat membawa arus perubahan yang baik di tubuh Kepolisian Indonesia. Tidak jauh berbeda, Politisi PAN, Tjatur Sapto Edi pun meminta Budi Gunawan harus bisa menyelesaikan masalah yang belum dirampungkan oleh Kapolri sekarang. Sehingga punya progesif yang jelas di tubuh Kepolisian. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.