Sukses

Ribuan Pedagang Antusias Sambut Kedatangan Jokowi di Papua

Presiden Jokowi dan rombongan antara lain akan meresmikan pembangunan sejumlah pasar tradisional di Jayapura, Papua.

Liputan6.com, Jayapura - Ribuan pedagang yang sehari-harinya berjualan di Pasar Prahaa, Sentani dan juga masyarakat setempat, antusias menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan rombongan di tanah Papua yang antara lain akan meresmikan pembangunan sejumlah pasar.

Sekretaris Solidaritas Pedagang Asli Papua Robert Jitmau mengatakan, konsep pasar untuk pedagang asli Papua akan dirancang dengan pola pendidikan dengan adanya rumah pintar, perpustakaan dan rumah sehat untuk pedagang dan juga anak-anaknya sebgai penerus bangsa.

Namun, pihaknya tak menginginkan konsep pasar di Papua dengan model perusahaan daerah (PD) yang dikelola oleh pemerintah daerah, tetapi dengan konsep adanya badan khusus yang mengurusi pasar tradisional di Indonesia.

"Dengan konsep model pasar yang dikelola oleh badan tersendiri, maka diharapkan pedagang Papua dapat berkembang dengan baik. Rencananya pasar akan dibangun 2015 dan diharapkan selesai dalam tahun yang sana," jelas dia di Jayapura, Sabtu (27/12/2014).

Rencananya, setibanya di Bandara Sentani, Jayapura, Jokowi dan rombongan dijadwalkan lansung melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Pharaa, Sentani dan Pasar Mama Papua Jayapura.

Kemudian, Jokowi akan melakukan peresmian Rumah Anak Harapan, Rumah Keluarga Sehat, dan Rumah Perpustakaan yang dikhususkan bagi pedagang pasar. (Ado/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pasar tradisional merupakan pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung.

    Pasar Tradisional

  • Papua